Tuesday 30 June 2009

U2

The Biggest Irish Rock Band
U2 merupakan Rock band asal Dublin Irlandia yang didirikan di tahun 1976 oleh sekelompok remaja yang minim pengetahuan dibidang musik. Mereka adalah; Larry Mullen Jr , Paul Hewson (Bono), Adam Clayton, Dave Evans (The Edge) dan Dick Evan.

Awalnya band ini bernama “"Feedback", kemudian berganti menjadi "The Hype" ditahun 1977. Setahun kemudian Dik Evans keluar dan empat personel yang tersisa melanjutkan band ini dengan nama baru yaitu U2. Nama U2 sendiri diambil atas saran musisi punk Steve Averil. U2 merilis single perdana mereka “Three” pada September 1978, disusul single kedua mereka "Another Day" ditahun 1980 namun dua karya awal mereka ini masih dirilis local alias hanya di Irlandia saja.
U2 baru go internasional setelah dikontrak Island Records tepatnya saat single ketiga mereka "11 O'Clock Tick Tock" dirilis tahun 1980 disusul album perdana mereka “Boy” di tahun yang sama. Album perdana ini menghasilkan UK hits single pertama U2 yaitu ; "I Will Follow". Album kedua U2 “October” dirilis ditahun 1981 disusul album ketiga mereka “War” di 1983 yang menghasilkan hits pertama mereka diluar Irlandia yaitu "New Year's Day", dan "Sunday Bloody Sunday,".

Perubahan musik band ini mulai terlihat jelas pada album “The Unforgettable Fire” yang dirliis tahun 1984. Namun album ini juga menandai sukses mereka di AS lewat hits “Bad" dan "Pride (In the Name of Love)". Sukses ini disusul album “The Joshua Tree” yang dirilis tahun 1987. Album yang membuahkan dua penghargaan Gramy Award ini menghasikan US no.1 hits “With or Without You” dan "I Still Haven't Found What I'm Looking For".

Tahun 1991, U2 merillis album ketujuh mereka “Achtung Baby”. Album yang digarap di Berlin timur ini menghasilkan hits klasik mereka “One”. Sukses ini disusul album Zooropa ditahun 1993 yang membuahkan hits "Stay (Faraway, So Close!) ".

Tahun 1995, U2 merilis album eksperimental mereka “Original Soundtracks 1,” meski albumnya sendiri kurang begitu sukses namun salah satu singelnya "Miss Sarajevo" featuring Luciano Pavarotti menjadi hits. U2 terus bereksperimen pada album berikutnya “Pop” ditahun 1997. Album ini menjadi no. 1 album di 35 negara, namun dari sisi penjualan masih berada dibawah album U2 sebelumnya.

Tahun 2000, U2 merilis album “All That You Can't Leave Behind” yang kembali mengangkat nama band ini. Album ini menghasilkan hits "Beautiful Day", "Walk On", "Elevation", and "Stuck in a Moment You Can't Get Out Of". Keempat single ini membuahkan penghargaan gramy award.

Tahun 2004 U2 merilis album “How to Dismantle an Atomic Bomb” yang menghailakn hits single “Vertigo”, album ini juga membuahkan U2 penghargaan greammy award di 8 kategori. Terakhir band yang namanya telah masuk Rock and Roll Hall of Fame ini merilis album ke 12 mereka “No Limit” pada 27 February lalu. Awal Maret ini U2 tampil live diatas geduing BBC untuk mempromosikan album yang telah mereka garap sejak tahun 2006 itu.

No comments:

Post a Comment