Tuesday 30 June 2009

Phil Collin part II Solo Karir

Solo Karir
Phill Colin menulis beberapa lagu pada dua album Genesis berikutnya di tahun 1976, "A Trick of the Tail" dan "Wind & Wuthering" yang diterima baik di pasaran. Setelah dua album ini, Phill Colin mulai merangkai solo karir namun ia tetap bersama Genesis.

Tahun 1981, disaat Genesis merilis album "Abacab", Phil Collins merilis debut album solo karirnya bertajuk "Face Value" yang berhasil meraih gold dalam waktu hanya empat bulan setelah di rilis. Singgelnya "I Miss Again", "If Leaving Me is Easy" dan "In the Air Tonight", masuk dalam tangga lagu UK Top 20.

Tahun 1984, Phill menikah untuk kedua kalinya dengan Jill Tavelman. Dari istri keduanya ini, Phill Colins mendapat seorang anak perempuan yang diberinama Lily yang lahir tahun 1989. Tahun 1996, Phill Collin kembali bercerai.
Phil Collins dikenal sebagai maestro soundtrack film. Pertama kali ia menulis thema lagu untuk film adalah pada film berjudul "Against All Odds" ditahun 1984. Film ini masuk nominasi Golden Globe dan Academy Award nominations untuk kategori Best Original Song. Lagu ini juga meraih posisi pertama di tangga lagu pop.

Album solo ketiga Phill Colins bertajuk "No Jacket Required" ditahun 1985 kembali menghasilkan beberapa hits baik di tangga lagu AS maupun Inggris. Diantaranya, "One More Night" and "Sussudio", Album ini kemudian meraih multi-platinum album.

Phill Collins adalah artis yang selalu "wellcome" untuk berkolaborasi atau berduet dengan para artis lainnya. Ia berduet dengan Marilyn Martin berjudul "Separate Lives" yang merupakan soundtrack film "White Night" ditahun 1985 meraih peringkat 2 ditangga lagu AS. Phil Collins juga berpartisipasi dalam konser amal para artis untuk Afrika bertajuk "Live Aid" ditahun 1985.

Ditahun 1984, Phill Collin merilis singgel "Easy Lover" yang merupakan duetnya dengan personel "Eart Win And Fire", Phill Bailey. Lagu ini terdapat dalam album "Chinese Wall". Singgel "Easy Lover" mencapai peringkat satu di tangga lagu AS dan Inggris..

Meski sukses bersolo karir, kebersamaan Phill Collins dengan Genesis tetap terjaga. Ditahun 1986, singgel Genesis "Invisible Touch" meraih posisi satu di AS, dan di tahun yang sama, Genesis menggelar tour keliling dunia. Tahun itu juga Phill Collins meraih penghargaan British Phonographic Industry award untuk kategori artis solo.

Selain terkenal sebagai maestro soundtrack film, bakat aktingnya yang memang diasah sejak kecil juga membuahkan penghargaan. Tahun 1988 Nama Phill Collins masuk dalam nominasi Academy Award dan memenangkan penghargaan Golden Globe untuk kategori Best Original Song "Two Hearts" yang ia tulis untuk film itu.

No comments:

Post a Comment