Thursday 4 June 2009

ILMU IKHLAS


Masih Dalam rangka Memaknai PERSAUDARAAN :
Persaudaraan bisa menjadi salah artinya,atau sebaliknya Persaudaraan bisa menjadikan kehidupan yang bahagia lahir dan bathin.Saling menghamat hamati,saling mengingatkan,saling "tepo sliro",yang muda menghormati yang tua,dan yang tua menyanyangi yang muda.
PERSAUDARAAN yang luas,Kuat,dan tak lapuk oleh waktu,kokoh tak mudah hancur oleh fitnah,bahkan tak terbuai oleh kebaikan yang berlebihan.Karena kebaikan yang berlebihan ujung ujungnya mengarah pada Pamrih.
Penulis mencoba menuangkan sebuah pemikiran yang masih sangat dangkal,oleh karena itu mohon pencerahannya kepada para sesepuh SH,dan kadhang SH.
Ilmu iklhas itu jika di umpamakan seperti (maaf)kita mau buang hajat besar :

NGEBET
Jika kita ingin buang hajat ,pastinya susah untuk di tunda,begitu juga ketika kita berbuat baik dengan iklas juga harus selalu ngebet ingin berbuat baik.

SEMBUNYI
Jika kita buang hajat besar pasti tidak ingin diketahui orang lain,begitu juga ketika kita berbuat baik dengan ikhlas juga harus tidak di tunjuk tunjukkan ,bahkan orang lain jangan sampai ada yang tahu.

TIDAK PAMRIH
Jika kita buang hajat besar pasti tidak akan mengharapkan imbal balik, agar apa yang sudah kita berikan tidak mengharap imbalan.

PLONG
Jika kita buang hajat besar,pastinya akan merasa plong ,begitu juga dengan berbuat baik,dengan ikhlas pasti kita juga akan merasa plong.

Begitulah gambaran tentang ilmu iklhas...mohon pencerahan dari para sesepuh dan kadhang SH. suwun ..



No comments:

Post a Comment