Tuesday 30 June 2009

Madonna part I

Artis Pengejar Mimpi
Berangkat dari masa kecil yang sulit karena ditinggal ibunya ketika masih berusia 5 tahun, Madonna menjelma menjadi anak yang tegar dan kuat menapak mimpi-mimpinya hingga ia sukses di bidang musik dan film. Hingga kini Madonna telah mencetak 11 album dan telah bermain dalam 22 film layar lebar.

Artis yang terlahir dengan nama Madonna Louise Veronica Ciccone ini, lahir di Bay City, Michigan, AS pada 16 Agustus 1958, namun tumbuh dan dibesarkan di Rochester, Michigan.

Saat masih kecil, Ibunya memberi nama panggilan Nonni lantaran namanya diambil dari nama ibunya Madonna Lois. Ayahnya, Silvio "Tony" P. Ciccone, adalah seorang insinyur yang bekerja pabrik otomotif General Motor.

Sejak kecil Madonna memang mengidolakan para aktris seperti Carole Lombard, Judy Hollyday dan Marilyn Monroe.
"Aku melihat diriku pada mereka," katanya dalam sebuah interview.
Setelah kematian ibunya akibat penyakit kangker payudara ditahun 1963, ayahnya Tocy Ciccone menikah kembali dengan Joan Gustafson bekas pembantu rumah tangga keluarganya. Dari pernikahan ini, sang ayah Tony Ciccone mempunyai dua orang anak, Jennifer dan Mario Ciccone. Hanya saja Madonna mengaku dirinya tidak dapat menerima kehadiran ibu tirinya itu.

Keteguhan Madonna dalam mengejar keingginannya memang terlihat sejak masih kanak-kanak. Saat masih di sekolah dasar Madonna berusaha keras meyakinkan ayahnya untuk dapat diijikan masuk sekolah balet. Berawal dari sekolah balet inilah, kecintaan akan seni tari yang pada akhirnya akan membawanya mewujudkan mimpi-mimpinya.

Kepintaran dan bakat seninya juga terbukti saat masih SMA Rochester Adams High Scholl, setelah lulus, Madonna mendapat beasiswa tari dari University of Michigan.

Namun hanya dua tahun mengeyam bangku kuliah, ia kemudian mengikuti saran guru baletnya untuk mengejar karir menarinya, Madonna pun memilih mengejar mimpinya itu dan drop out dari kampusnya ditahun 1977.

Madonna yang saat itu masih berusia 20 tahun nekat hijrah ke kota New York degan hanya berbekal uang 35 dolar di sakunya. Untuk menutupi kebutuhan hidupnya Madonna bekerja di Dunkin Donuts dan menari dengan grup tari modern.

"Saat itu adalah pertama kalinya saya naik pesawat dan naik taksi. saya datang ke sini (New York) dengan hanya 35 dolar disaku. itu adalah tindakan paling berani yang pernah saya lakukan," katanya.

Tahun 1979 Madonna bertemu dengan musisi Dan Gilroy saat ia tampil sebagai penari dalam konser artis disco prancis Patrick Hernandez.
Dan Gilroy kemudian menjadi kekasih Madonna. Bersama Dan Gilroy inilah Madonna pertamakali membentuk grup band rock yang diberinama "the Breakfast Club" di New York tahun 1980.

Namun ditahun yang sama, Madonna memutuskan keluar dari band itu lantaran mengganggap bergabung dengan sebuah grup rock tidak akan menunjang mimpinya mengejar karir di dunia hiburan.

Nama Madonna mulai dikenal setelah singgle pertamanya berjudul "Everybody" dibawah Sire frecords dan dirilis tahun 1982, singgle ini juga membawanya tampil di acara "American Bandstand".

Ditahun 1983 Madonna merilis album pertamanya bertajuk "Madonna" yang berisikan lagu-lagu yang mencetak hits seperti "Lucky Star" "Holiday" dan "Borderline".

Madonna makin menancapkan kukunya di dunia musik setelah ia tampil memukau di acara penghargaan MTV Video Music Award yang pertama tahun 1984.

Saat itu Ia menyanyikan lagu untuk album keduanya berjudul "Like A Virgin" yang dirilis di bulan November di tahun yang sama. Album ini kemudian menjadi No. 1 di U.S selama tiga minggu dan terjual sebanyak 12 juta copy diseluruh dunia.

Penampilan, gaya berpakaian dan aksi panggungnya sangat berpengaruh pada remaja wanita. Gaya berpakaiannya bahkan menjadi trend ditahun 1980-an.

No comments:

Post a Comment