Tuesday 30 June 2009

“Elton John”

"Artis Penuh Warna"
Terlahir dengan nama Reginald Kenneth Dwight, Sir Elton John adalah anak dengan bakat alami dibidang musik. Bakat alami ini mulai makin terasah ketika Elton John mulai belajar piano diusia 4 tahun. Sejak itulah ia dapat memainkan melodi apapun yang ia dengar.

Bakat istimewa dibidang musik inilah yang membuatnya mendapat beasiswa dari Royal Academy of Music London, hanya saja Anak dari pasangan Sheila dan Stanley Dwight ini memilih keluar dari sekolah untuk lebih berkonsentrasi pada musik diusia 17.

Artis kelahiran Pinner, Inggris 25 Maret 1947 ini pertama kali membentuk grup diusia 14 tahun "the Corvettes". Ditahun 1961 ia bergabung dengan grup band Bluesology sebagai pianis band ini mengiringi penyanyi John Baldry. Nama Elthon John sendiri diambilnya dari personel Bluesology yaitu nama penyanyi John Baldry dan dan pemain saxophone, Elton Dean.

Selepas Bluesology Elton John pernah mencoba bergabung sebagai vokalis pada dua grup band rock King Crimson dan Gentle Giant, namun sayang ditolak. John lalu menerima tawaran menjadi penulis lagu di Liberty Record tahun 1964 bersama Bernie Taupin.

Barulah ditahun 1968 Elton John bersolo karir dengan meriis single pertamanya "I've Been Loving You," ditahun yang sama ia merilis album perdananya "Empty Sky".
Singglenya "Your Song" yang dirilis tahun 1969 mulai masuk dalam tangga lagu, namun baru pada tahun 1970 lagunya "Crocodile Rock" menjadi number one hits. Antara tahun 1970 hingga 1982 artis yang dianugrahi gelar kebangsawanan "Sir" dari ratu Elizabeth II ditahun 1997 ini mempunyai lebih dari 30 hits di tangga lagu top 40.

Diawal tahun 80-an,popularitasnya sedikit menurun, meski lagu-lagu Elton John tetap mencapai tangga lagu top ten seperti "Nikita" dan I'm Still Standing. Namun dalam kurun waktu itu, ditahun 1985 hasil kolaborasinya bersama Dione Warwick dan Gladys Knight dalam "That's What Friends Are For" tercatat menjadi singgle terbaiknya.

Tahun 90-an polpularitas elton John kembali bersinar.. soundtrack film The Lion King "Can You Feel the Love Tonight" menyabet dua penghargaan Grammy Award. Yang istimewa adalah saat ia menyanyikan lagu "Candle In The Wind" yang ia bawakan saat pemakaman putri Diana ditahun 1997. Lagu ini tercatat menjadi lagu best seller.

Seperti artis lainnya, kehidupan pribadi Elton John juga penuh warna. Selain pecandu alkohol dan obat terlarang, Artis yang telah mengaku berorientasi seks biseksual sejak tahun 1976 ini memilih menjadi gay setelah sempat menikah dengan Renate Blauel ditahun 1984 namun bercerai setehun kemudian.

Ditahun 1992, kepeduliannya akan wabah HIV-AIDS sejak tahun 1980 mendorong membentuk yayasan AIDS "The Elton John AIDS Foundation". Sir Elton John, juga masih eksis didunia musik hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment