Tuesday 30 June 2009

Fariz RM

Musisi Jenius Indonesia
Penyanyi yang satu ini takterbantahkan lagi adalah legenda hidup musik Indonesia. Di era-nya, ia adalah idola kaum muda. Musisi jenius kelahiran Jakarta 5 Januari 1959 ini juga dikenal sebagai pemusik dengan trobosan-trobosan baru.

Sebelum merilis album solonya, bersama grup band "Badai" ia telah mencetak hits dengan lagu "Badai Pasti Berlalu". Barulah ditahun 1979 ia merilis Album perdananya "Selangkah Keseberang".

Dekade 80-an adalah era keemasan putra pasangan Rustam Munaf dan Ana Rijnenberg ini. Album keduanya "Sakura" yang dirilis tahun 1980 menggebrak dunia musik Indonesia. Setelah itu berturut turut album-albumnya mencetak hits antara lain; "Panggung Perak", "Diantara Kata", dan "Sandra Ameido".
Penyanyi yang telah dikaruniai dua orang putri dan satu orang putra dari perkawinannya dengan Oneng Diana Riyadini ini juga suka berkolaborasi. Tercatat hingga kini ia telah merilis 19 album kolaborasinya dengan grup band yang berbeda dengah hits-hits antara lain; Produk Hijau bersama Wow!, dan Pesona Rindu bersama Jakarta Rythm Section ditahun 1983.

Ditahun 1987, duetnya bersama Neno Warisman pada lagu "Nada Kasih" juga mencetak hits. Tahun 1988 ia merilis album ke 9-nya bertajuk "Living In The Western World" yang juga melahirkan tembang yang melegenda "Barcelona".

Kini setelah menjelajah belantika musik Indonesia selama 30 tahun Ia telah menghasilkan 20 album solo, 72 album kolaborasi,18 album soundtrack, 27 album produksi dimana dia berperan sebagai produser dan 13 album internasional yang dirilis di Eropa dan Asia Pasifik.

No comments:

Post a Comment