Tuesday 30 June 2009

Aerosmith

The Hottes Rock Band
Aerosmith adalah rock band legendary asal Amerika Serikat yang dibentuk oleh Joe Perry, Tom Hamilton and Steven Tyler pada tahun 1970 di Boston Massachusetts. Ketiganya kemudian merekrut Joe Kramer dan Brad Whitford yang melengkapi formasi band ini ditahun 1971.

Dimasa awal terbentuknya band ini, sang lead vocal “Seteven Taylor merupakan drummer yang sempat bergabung dengan band – band yang tidak sukses seperti The Vic Tallarico Orchestra, dan The Strangeurs, Chain Reaction. Taylor bertemu Joe Perry saat liburan di Sunapee, saat itu Perry yang tergabung dalam band “Jam Band” bersama Tom Hamilton masih bekerja sebagai pencuci piring disebuah restoran.

Hamilton and Perry kemudian hizrah ke Boston, Massachusetts dan bertemu Joey Kramer yang juga teman Steven taylor. Pada bulan October 1970, keempatnya kemudian bertemu dan sepakat membetuk band. Hanya saja Steven Taylor saat itu berikeras baru akan bergabung jika ia menjadi lead vocal dalam band. Setelah mendapat persetujuan dengan personel yang lain akhirnya permintaan Taylor itu diluluskan, dan nama Aerosmith sendiri diusulkan drummer Joe Kramer.
Setelah nama band ditentukan, mereka kemudian merekrut Ray Tabano, teman kecil Taylor untuk bergabung, namun akhirnya digantikan Brad Whitford ditahun 1971 yang melengkapi formasi awal Aerosmith. Meski Perry, dan Whitford Sempat keluar antara tahun 1979 hingga 1984 mereka kembali bergabung hingga kini.

Aerosmith memulai perjalanan panjang musik mereka setelah dikontrak Columbia Records untuk album perdana entitled “Aerosmith” yang dirilis Januari 1973. Ditahun itu, album yang didalamnya terdapat hts “Dream On” dan “Mama Kind Dog” ini tidak begitu sukses. Nama Aerosmith baru mulain menanjak setelah album kedua mereka “Get Your Wings “ dirilis tahun 1974.

Aerosmith mensejajarkan nama mereka dengan rock band papan atas dunia setelah merilis album ketiga “Toys in the Attic”. Dalam album ini single “Walk This Way” dan “Sweet Emotion”, masuk top 40 hit. Berikutnya Arosmith merilis album “Rocks” ditahun 1976. Album yang menghasilkan hits "Last Child", "Back in the Saddle", dan "Home Tonight" ini disebut sebagai album Aerosmith yang paling keras dan paling nge-rock!!!

Tahun 1977 Aerosmith merilis Album “Draw the Line” yang tidak begitu sesukses. Namun Aerosmith tetap menghasilkan hits lewat single soundtrack film Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band”, “Come Together”. Lagu yang merupakan daru ulang The Beatles ini juga menjadi top 40 hits Aerosmith terakhir hingga 10 tahun kemudian.

Tahun 1978, Aerosmith merilis album live mereka “Live! Bootleg” yang disebut banyak pihak merekam “kekerasan” band ini. Hanya saja, sisi gelap Aerosmith mulai tampak selama tour album “Draw The Line”. Ini lantaran kegilaan personel band ini akan obat terlarang baik diluar atau diatas panggung. Steven Taylor dan Joe Perry pun punya julukan baru yaitu “Si Kembar Racun”.

Taun 1979 setelah merekam album “Night in the Ruts” gitaris Joe Perry meninggalkan band ini ia kemudian membentuk band sendiri The Joe Perry Project. Perry kemudian digantikan oleh Richard Supa dan kemudian oleh Jimmy Crespo. Album “Night in the Ruts” " yang menghasilakn hits "Remember (Walking in the Sand)", sendiri gagal dipasaran.

Kegilaan akan obat bius ini nampak jelas terlihat setelah insiden colapsnya Steven Taylor diatas panggung saat konser di Portland, Maine tahun 1980. Ditahun yang sama Aerosmith merilis album Greathits mereka yang menjadi album terlaris di AS dan terjual hingga 11 juta copi. Tahun 1981 setelah selesai mengisi sesi gitar untuk lagu “Lightening Strike” giliran gitaris Brad Whitford hengkang dari Aerosmith/ posisinya digantikan Rick Dufay.

Meski limbung ditinggal dua personel inti mereka, tahun 1982 Aerosmith merilis album “Rock in a Hard Place”, yang tidak hanya gagal dipasaran tapi juga gagal menciptakan hits. Saat tour album ini, Steven Taylor kembali jatuh diatas panggung di Worcester, Massachusetts. Penyebabnya sama, sebelum kejadian, Steven Taylor sempat “Flay” dibelakang panggung bersama Joe Perry yang datang mengunjungi bekas bandnnya itu.

Tahun 1984 merupakan awal kebangkitan Aerosmith. Dua personel mereka, Joe Perry dan Brad Whitford kembali bergabung. Setelah itu mereka merilis album “Done with Mirrors” namun baru mendapat respons positif setelah Joe Perry dan Steven Taylor tampil dalam album grup rap “Run DMC” yang mendaur ulang lagu hits mereka “Walk This Way ”. Inilah titik kebangkitan Aerosmith yang kemudian merilis album “Permanent Vacation” ditahun 1987 dan “Pump” yang menghasilkan hits "Janie's Got a Gun", dan "What It Takes". Single "Janie's Got a Gun" juga membuahkan perhargaan Gramy pertama bagi Aerosmith

Setelah beristirahat sejenak, Aerosmith kembali merilis album Get a Grip ditahun 1993. Album ini menghasilkan 3 hits power ballad yaitu "Cryin'", "Crazy" and "Amazing". Video klip single ini diperankan aktris Alicia Silverstone; yang tampil provokatif jhingga dijuluki gadis aerosmith (aerosmith chik).

Dari album ini Aerosmith memengakan dua penghargaan Grammy/ yaitu Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal: untuk lagu "Livin' on the Edge" ditahun 1994 dan "Crazy" di tahun 1995.

Taun 1997 Aerosmith merils album Nine Lives, yang menghasilkan satu-satunya lagu no.1 hits mereka "I Don't Want to Miss a Thing", lagu soundtrack film Armagedon yang dibintangi anak Steven Taylor, Liv Taylor. Selain itu album ini juga menghasilkan hits "Falling in Love (Is Hard on the Knees)", "Hole in My Soul", and "Pink" yang juga kembali memenangkan fourth Grammy Award ditahun 1999. Tahun 2001 Aerosmith merilis album ke 13 mereka “Just Push Play “ yang langsung meledak lewat single “Jaded”.

Tahun 2004, Aerosmith ahirnya memnuhi janji mereka dengan meluncurkan album blues Honkin' on Bobo. meski telah hampir 4 dekade, rock band yang telah mengantongi 4 penghargaan Garamy Award ini tetap eksis. Tahun 2008 lalu mereka merekam album terbaru yang hingga kini belum dirilis.

No comments:

Post a Comment