Tuesday 30 June 2009

Dione Warwick

Artis Aktivis Dunia
Arits kelahiran East Orange,New Jersey, 12 December 1941 ini bukan begitu saja meraih kesuksesannya di dunia tarik suara. Karir menyanyi Dione Warwick dimulai dari lagu-lagu Gospel, ini lantaran ayahnya Mancel Warwick yang bekerja sebagai promotor lagu-lagu gospel di Chess Record.

Dione Warwick mulai dikenal publik AS sejak grup The Gospelaires yang ia bentuk bersama Myrna Utley, Carol Slade, dan Delia (Dee Dee) Warwick memenangkan kontes amatir di Apolo Theater tahun 1958.

Setelah suara emasnya menarik perhatian komposer Burt Bacharach tahun 1962, Dione Warwick mengikat kontrak dengan Scepter Records. Disinilah ia mulai dikenal sebagai penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu hits dari duo komposer dan penulis lagu Burt Bacharach dan Hal David.
Tahun 1962 Dione merilis singgelnya Don't Make Me Over dengan debut albumnya di tahun 1963 bertajuk Presenting Dionne Warwick, namun baru pada album keduanya "Anyone Who Had a Heart" Dione mencetak Hits pertamanya.

HIts ini ia lanjutkan dengan lagu "Walk on By" yang dirilis April 1964. "Walk On By" menjadi Hits internasional sekaligus memantapkan namanya di dunia hiburan.

Pertangahan tahun 60-an hingga awal 70-an merupakan tahun keemasan Dion Warwick. Pada periode inilah ia mencetak hits-hits seperti Alfie, I Just Don't Know What to Do With Myself, dan (There's) Always Something There to Remind Me. Salah satu Hitsnya "Do You Know The Way to San Jose" Merupakan lagu yang membawanya meraih penghargaan Grammy Award untuk pertama kali di tahun 1968.

Kemudian Hits "I'll Never Fall In Love Again" yang dirilis tahun 1969 dalam album "Promises, Promises" juga membuahkannya penghargaan gramy award kedua ditahun 1970.

Majalah Billboard mencatat, artis yang lahir dengan nama Marie Dione Warrick ini hanya satu tingkat dibawah Areta Franklin sebagai vokalis wanita yang sukses dengan raihan chart terbanyak di Billboard hot 100 dimasa keemasan musik Rock (1955 s/d 1999).

Tercatat Dione Warwick mempunyai 56 hits di Billboard Top 100 pada kategori R& B dan Adult Contemporaty. Selain penyanyi, artis peraih lima penghargaan Grammy Award ini adalah seorang aktivis dunia, ia adalah duta PBB untuk FAO dan pernah juga menjadi duta AS untuk kesehatan dan kemanusiaan.

No comments:

Post a Comment