Tuesday 30 June 2009

George Benson

George Benson
Penyanyi dan musisi yang satu ini mengawali karirnya didunia musik sebagai gitaris jazz, namun setelah kesuksesan albumnya "Breezin" di tahun 1976, nama George Benson malah lebih terpatri di jalur pop dan R & B. Album "Breezin" melahirkan dua hits singel yaitu "Breezin" dan "This Masquerade".

"Breezin" kini menjadi standar jenis musik smooth jazz, sedang "This Masquerade", tercatat sebagai lagu pertama yang menjadi number one hits di tangga lagu Billboard baik pop, jazz dan R&B. Sebenarnya, musisi kelahiran Pittsburgh, Pennsylvania 22 maret 1943 ini sebelumnya telah mempunyai nama di jalur jazz yang ia tekuni antara tahun 1954 hingga tahun 1969.

Di tahun 1977 George Benson menulis sekaligus menyanyikan lagu "The Greates Love of All" sebagai soundtrack film kehidupan petinju Muhammad Ali berjudul "The Greates". Lagu ini menjadi hits setelah dinyanyikan oleh Whitney Houston. Tahun berikutnya Benson merilis album berjudul "Weeked In LA" yang berisikan hits the Drifters yaitu "On Broadway".
"On Broadway" versi Benson ini juga menjadi hits dengan berhasil menempati posisi 7 Bilboard top 100 dan meraih Grammy Award untuk kategori Best R&B Vocal Performance.

Dekade 80-an kesuksesan George Benson terus berlanjut. Albumnya Give Me The Night tahun 1980 yang diproduseri Quincy Jones, berhasil menempati posisi empat tangga lagu AS sekaligus menjadi album hits terbesar Benson di Amerika Serikat. Selanjutnya, ditahun 1981 Benson merilis album ke limanya dibawah Warner Bross, "Turn Your Love Around" yang berhasil menempati posisi 5 ditangga lagu AS.

Ditahun 1983 Benson merilis album ke enamnya dibawah Warner bros "In Your Eyes". ALbum ini berhasil menempati posisi 6 ditangga lagu R&B dan no.1 di tangga lagu Jazz. Tahun berikutnya, Benson tetap melahirkan hits lewat albumnya "20/20" yang dirilis tahun 1984.

Dalam album ini juga terdapat lagu "Nothing's Gonna Change My Love for You" yang juga sukses dinyanyikan ulang oleh penyanyi asal Hawai Glenn Medeiros ditahun 1987.

Di tahun 90-an, salah satu albumnya yaitu "Love Remenbers" dianggap banyak pihak sebagai tanda eksistensi seorang George Benson didunia musik. "Loves Remenbers" yang menghasilkan hits antara lain; "Got to be There" ini tercatat menempati posisi no.1 di tangga lagu jazz.

Meski namanya terangkat dan sukses di jalur pob dan R &B, Benson tetap pada akarnya, Jazz. Ini dibuktikan dengan tetap membuat album jazz hingga saat ini. Terakhir benson merilis albumnya ditahun 2006 yaitu "Givin It Up". Dalam album ini ia berduet dengan vokalis jazz kenamaan Al Jarreau. Album yang didalamnya terdapat lagu "Every Time You Go Away" ini berhasil menempati peringkat pertama di tangga lagu Jazz Amerika Serikat. Hingga kini George Benson tetap dikenal sebagai ikon gitaris jazz selain popularitasnya sebagai penyanyi pop dan R & B.

No comments:

Post a Comment