Tuesday 30 June 2009

Boys II Men

Grup Vokal Pria Tersukses
Grup vokal asal Philadelphia, Pennsylvania, AS ini merupakan grup vokal R&B tersukses sepanjang masa. Antara tahun 1992 hingga 1997, "Boys II Men" berhasil mencetak 5 no.1 hits.

“Boys II Men” resmi berdiri di tahun 1988. Quartet ini awalnya beranggotakan 5 personel, namun Marc Nelson yang merupakan pendiri dari grup vokal ini memilih bersolo karir sesaat sebelum album perdana Boys II Men dirilis.

“Boys II Men” yang bermaterikan Nathan Morris, Michael McCary, Shawn Stockman, dan Wanya Morris, memulai karir mereka setelah di kontrak Motown Records dan merilis album pertama mereka "Cooleyhighharmony", di tahun 1991.

“Boys II Men” yang bermaterikan Nathan Morris, Michael McCary, Shawn Stockman, dan Wanya Morris, memulai karir mereka setelah di kontrak Motown Records dan merilis album pertama mereka "Cooleyhighharmony", di tahun 1991.

Album perdana mereka langsung menggebrak industri musik AS. Dua single dari album ini "Motownphilly" and "It's So Hard to Say Goodbye to Yesterday" mendapat penghargaan Grammy award.

Grup yang mempunyai ciri khas "multiple-lead arrangements" ini kembali menggebrak industri musik AS setelah album kedua mereka ‘II” di rilis tahun 1994. “II” menghasilkan no.1 hits single pertama Boys II Men. Tidak tanggung - tanggung dari album “II” ini, terlahir dua no.1 hits single "I'll Make Love To You" dan "On Bended Knee".

Boys II Men kembali bersinar seiring di rilisnya album ketiga mereka “Evolution”. Album ini menghasilkan no.1 hits singel "4 Seasons of Loneliness" dan satu top ten hits "A Song for Mama". Berikutnya “Boys II Men” kembali mencetak no.1 hits, kali ini lewat duet mereka dengan Mariah Carey, “One Sweet Day”. Lagu ini tercatat memecahkan rekor terlama berada di posisi No.1 Billboard Hot 100, dan hingga kini rekor itu belum terpecahkan.

Memasuki tahun 2000, group yang mengusung jenis musik R&B ini merilis album keempat “Nathan Michael Shawn Wanya” di bawah label Universal. Album ini terbilang gagal dan hanya melahirkan satu buah 1 hits single “Pass You By”. Kegagalan album keempat ini menjadi titik awal pudarnya “Boys II Men”. Album kelima mereka “Full Cirlcle” yang dirilis tahun 2002 juga menemui kegagalan tidak hanya di tangga lagu, tapi juga di sisi pemasaran.

“Boys II Men” makin tenggelam setelah personel mereka “Michael McCarry” memutuskan keluar pada awal tahun 2003. “Boys II Men” tetap bertahan dan merilis album ke enam mereka yang berupa cover album “Throwback Vol.1” di tahun 2004. Sayangnya, album ini pun tidak sukses.

“Boys II Men” akhirnya kembali ke jalur sukses mereka merilis album “Motown: A Journey Through Hitsville USA” ditahun 2007. Album tribute dari beberapa lagu klasik Motown records ini berhasil mencapai posisi 8 saat dirilis di AS. Album yang berisikan hits klasik seperti "Just My Imagination" dari The Temptations, dan "Tracks Of My Tears" milik The Miracles ini juga masuk nominasi penghargaan Grammy Awards.

Hingga kini singel dan album Boys II Men telah berhasil terjual sebanyak 60 juta copy di seluruh dunia. Billboard Magazine juga mencatat "Boyz II Men" sebagai grup tersukses di tahun 90-an.

No comments:

Post a Comment