Tuesday 30 June 2009

Earth Wind & Fire

Earth Wind & Fire di bentuk oleh Maurice White di tahun 1969. Awalnya band yang telah memenangkan 6 penghargaan Grammy award ini bernama Salty Pappers dan sempat merilis dua buah single. Maurice kemudian mengganti nama band ini menjadi Earth Wind & Fire berdasarkan zodiaknya Sagitarius di tahun 1971. Pada tahun yang sama Earth Wind & Fire juga berhasil merampungkan formasi lengkap mereka yang berjumlah 10 orang.

Band yang namanya telah masuk Rock & Roll Hall Of Fame ini merilis album perdana mereka “Earth, Wind & Fire “,di tahun 1971 disusul album kedua “The Need Of Love” di tahun yang sama. Dari dua album ini lahir hits top 40 pertama mereka "I Think About Lovin' You". Hanya saja baru enam bulan berjalan, terjadi perpecahan diantara mereka.

Tahun 1973 Earth Win & Fire merilis album ketiga “Head to the Sky” yang menghasilkan hits dua hits "Evil", dan "Keep Your Head to the Sky". Hanya saja, dalam proses album ini hingga dirilis juga terjadi pergantian personel di tubuh band ini. Tahun 1974, band ini merilis album “Open Your Eyes” yang membuahkan top 30 hits pertama band ini “Mighty Mighty”.

Tahun berikutnya, Earth Wind & Fire merilis album "That's the Way of the World" yang menjadi no.1 album pertama mereka. Album yang merupakan soundtrack film dengan judul yang sama/ ini melahirkan no.1 hits single "Shining Star". Sukses album ini di susul album “Spirit” yang menghasilkan hits “Gateway”.

Berikutnya Eart Wind & Fire merilis album All 'N All. Album yang menjadi best selling R&B album di tahun 1978 ini menghasilkan hits “Song". Earth, Wind & Fire menutup tahun 70-an dengan album “I Am”. Album ini membuahkan hits klasik mereka "Boogie Wonderland" dan "After the Love Has Gone”.

Dalam sesi rekaman album ini, Earth Wind & Fire juga merekam lagu "September" dan "Love Music" yang terdapat dalam album The Best of Earth, Wind & Fire.

Tahun 1980-an Earth Wind & Fire merilis 5 album. Tercatat, beberrapa hits lahir di periode ini antara lain; “Let Me Talk” dari album Faces di tahun 1980, “let’s Grove” dan “Wanna Be With You” dari album “Raise” di tahun 1981, “fall In Love Wiyh Me” dari album “Powerlight” di tahun 1983.

Dua album Eart Wind & Fire terakhir di tahun 1980-an; "Electrical Universe" di tahun 1983 dan "Touch The World" di tahun 1987 menghasilkan hits antara lain “Magnetic", “System Of Survival” dan “Thingking Of You”.

Earth Wind And Fire masih merilis 5 album lagi hinga tahun 2005 dan sampai saat ini Band yang namanya juga masuk Vocal Group Hall Of Fame ini masih tetap eksis dan berkarya.


No comments:

Post a Comment