Tuesday 30 June 2009

"Genesis"

Pelopor Progresif Rock
Rock band asal Inggris ini didirikan oleh Peter Gabriel dan Tony Banks, ditahun 1967. Awalnya Peter Gabriel mengusulkan nama Gabriels Angels, untuk band ini namun, produser mereka Jonathan King menolaknya dan memberinama band ini Genesis.

Formasi awal Genesis terdiri dari Peter Gabriel (vocals), Tony Banks (keybord), Anthony Phillips (Guitar), Chris Stewart (drum) dan Mike Rutherford (bass & Guitas). Band yang dianggap sebagai pelopor prograsif rock ini, merilis single perdana mereka "The Silent Sun” ditahun 1968, disusul album perdana mereka “From Genesis to Revelation” tahun 1969 yang gagal dipasaran. Usai penggarapan album yang kurang sukses ini drummer Cris Stewart Poisinya digantikan John Mayhew.
Tahun 70-an ini juga bisa disebut sebagai Genesis era Peter Gabriel, sekaligus masuknya personel Genesis lainnya yang kemudian menjadi roh band ini yaitu "Phill Colins".

Genesis merilis album kedua mereka “Trespass” ditahun tahun 1970, ditahun yang sama gitaris Antony Phillips keluar. dan posisinya digantikan Steve Hacket. Kepergian Antony Phillips sempat membuat trauma Banks dan Rutherford hingga band ini sempat ragu apakah akan tetap melanjutkan karir musik mereka atau tidak. Personel Genesis yang tersisa akhirnya memutuskan untuk tetap bertahan, mereka memutuskan mengganti drumer John Mayhew.dengan Phill Colins.

Setelah Collins bergabung Genesis merilis 4 album “Nursery Cryme” ditahun 1971, “Fosxtrot” tahun 1972, “Selling England by the Pound” dithn 1973 dan “The Lamb Lies Down on Broadway” ditahun 1974. Dari 4 album ini hanya “Selling Enggland by the Pond” yang paling sukses dengan mencapai posisi 3 chart di Inggris.

Era Peter Gabriel berakhir ditahun 1975 setelah ia secara resmi keluar dari band yang ia bentuk. Ia mengutarakan keinginannya itu ditengah-tengah tour album “The Lamb Lies Down on Broadway”. Hengkangnya Gariel tidak terlalu mengejutkan bagi personel Genesis lainnya. Ini lantaran, keretakan sudah terjadi saat penggarapan album “The Lamb Lies Down on Broadway”.


Walau tanpa Petter Gabriel, motor utamanya Genesis, band ini memutuskan untuk tetap bertahan dengan empat personel. Awalnya band ini mencoba mencari vokalis baru, namun memutuskan "Phill Collin" sebagai lead vocal mereka untuk album "Trick of the Tail yang dirilis ditahun 1976.

Usai album ke 8 yaitu "Wind & Wuthering" pepecahan kembali terjadi ditubuh Band peraih Grammy Award untuk kategori Best Concept Music Video ini. Kini giliran gitaris Steve Hackett yang memilih hengkang. Meski tinggal tiga personel, Genesis memutuskan tetap melaju. Kondisi band yang carut marut ditinggal personelnya ini juga dapat ditangkap pada judul album ke 9 Genesis “And Then There Were Three…” yang dirilis ditahun 1978.

Tahun 80-an menandai transasi genre musik Genesis dari Prograsif Rock ke pop. Pencinta band yang tercatat sebagai 30 artis terlalris didunia ini dapat dirasakan pada album ke 10 mereka yaitu "Duke" yang dirilis tahun 1980. Perubahan ini berbuah kebangkitan Genesis. Album "Duke" membuahkan no.1 hits pertama Genesis di tangga lagu Inggris. Sukses Duke dilanjutkan dengan dirilisnya album “Abacab” dithn 1981 dan album "Genesis" ditahun 1983 yang sukses besar dengan hits klasik band ini yaitu "Mama", "That's All", dan "Home by the Sea".

Tahun 1986 Genesis merilis album "Invisible Touch" yang melahirkan 5 hits singels yaitu "Tonight, Tonight, Tonight", "Throwing It All Away" dan "Invisible Touch". Album yang dirilis disaat puncak kesuksesan solo karir Phill Cholins ini juga menjadi album Genesis dengan angka penjualan tertinggi.

Genesis baru kembali merilis album ditahun 1991 yaitu; "We Can't Dance". Album yang menghasilkan hits al; "Hold on My Heart", "Tell Me Why" dan I Can't Dance" ini sekaligus menjadi album terakhit Collins bersama Genesis. Phill Collins resmi keluar ditahun 1996, posisinya digantikan Ray Wilson. Terakhir Genesis merilis album "Calling All Stations" ditahun 1997. Tahun 2007 Genesis melakukan tur reuni mereka yang diberi judul “Turn It On Again”. Tur yang dimulai musim panas 2007 dilakukan di 12 negara di eropha dan dilanjutkan ke amerika utara.

No comments:

Post a Comment