Tuesday 30 June 2009

Carole King

Sukses Sebagai Penyanyi dan Penulis Lagu
Terlahir dengan nama Carole Klein di Brooklyn New York 9 Februari 1942, Carole King adalah artis dengan bakat alam yang luar biasa. Selain penyanyi, Carole King lebih dulu dikenal sebagai pencipta lagu yang mencetak hits. Kemampuannya ini telah ditunjukan King sejak usia dini. Diusia empat tahun King telah mampu memainkan piano dan sejak masa remaja ia sudah mulai menulis lagu-laguya.

Artis peraih empat grammy award ini memulai karirnya di dunia musik dibantu sahabatnya Neil Sedaka. Dan saat menjadi mahasiswa di Queen's College, New York, King bertemu dengan Garry Goffin yang juga seorang penulis lagu.
Goffin dan King yang namanya sama-sama telah masuk Hall Of Fame penulis lagu tersebut kemudian bekerjasama dalam menulis lagu. Kerjasama keduanya melahirkan hits-hits antara lain; "Will You Love Me Tomorrow" yang dinyanyikan The Shirelles, thn 1961.

Goffin and King menikah tahun 1958, dari pernikahan pertamanya ini King mendapat dua orang putri Louise Goffin and Sherry Goffin Kondor.

King baru memfokuskan diri pada karir musiknya ditahun 1962. ditahun tersebut satu lagunya "It Might As Well Rain Until September" mencapai peringkat dua tangga lagu AS dan masuk top ten di tangga lagu di Inggris. Namun setelah singel "He's a Bad Boy" yang hanya mencapai peringkat 94 di tanggal lagu AS, King seperti tenggelam. King baru bisa mencetak hits lagi setelah delapan tahun kemudian.

Di tahun 1968, King bercerai dengan Goffin dan menikah dengan Charles Larkey, Basis grup band "The City" yang ia bentuk. Hanya saja album dari band ini gagal dipasaran.

Tahun 1970 King kembali memulai bersolo karir. Album "Write" yang dirilis tahun 1970 ternyata gagal dipasaran, namun Kign tidak menyerah. Dengan dukungan suami keduanya, tahun 1971 King merilis album keduanya "Tapestry". ALbum ini sukses besar dan memberinya status super star.

"Tapestry" bertahan di tangga lagu AS selama enam tahun dan menjadi album best selling di masa itu. Tercatat album ini terjual lebih dari 10 juta copy di AS dan lebih dari 22 juta copy di seluruh dunia. Album "Tapestry" juga menghasilkan beberapa hits singel, seperti "So Far Away" , "It's Too Late," dan "I Feel the Earth Move,"

Album solo ketiganya "Music" juga menjadi nomor satu di tangga lagu AS serta menghasilkan hits lewat lagu "Sweet Seasons". Sementara album "Rhymes & Reasons" yang dirilis tahun 1972 mencapai peringkat dua di tangga lagu AS. Albumnya "Fantasy" yang dirilis tahun 1973 juga menuai sukses.

Ketuga albumnya "Music", "Rhymes and Reasons", dan "Fantasy" sama-sama mendapat meraih Gold dan Platinum. Album King berikutnya "Wrap Around Joy" menghasilkan hits lewat lagu "Jazzman," yang mencapai peringkat satu tangga lagu AS.

Meski karirnya sukses, rumah tangga King kembali hancur. Ia bercerai dengan Charles Larkey, dan kemudian menikah dengan penulis lagu Rick Evers yang bekerjasama dengannya dalam album "Simple Things". Hanya saja, pernikahan mereka juga tidak berlangsung lama. Setahun kemudian, Rick Evans meninggal dunia karena over dosis heroin. Sementara Album "Simple Things" sendiri menjadi albumnya yang pertama yang gagal mencapai top ten sejak album Tapestry.

Album King berikutnya "Pearls - The Songs of Goffin and King" yang dirilis tahun 1980 tidak begitu sukses dipasaran sekaligus menandai berakhirnya karir King sebagai pencetak hits.

Pada Agustus 1982 King kembali menikah dengan Rick Sorenson hingga saat ini. Carole King adalah penyanyi dan penulis lagu yang sangat berbakat. Hasil komposisinya telah dibawakan grup band dan penyanyi legendaris seperti the Beatles dan Aretha Franklin. Selain penyanyi dan pencipta lagu, Carole King juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan juga aktif dibidang politik hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment