Tuesday 30 June 2009

Air Supply (part I)

Harmoni Duo Yang Taklukan Dunia
Air Suplly, grup legendaris asal australia ini yang dikenal dengan lagu-lagu bertemakan cinta yang begitu akrab ditelingan pecinta musik tanah air.

Air Supply yang diawaki oleh Graham Russell dan Russell Hitchcock terbentuk saat keduanya bertemu ketika sama-sama berperan dalam drama theater "Jesus Christ Superstar" di Melbourne tahun 1975.

Keduanya tidak menyangka jika persahabatan mereka yang didasari oleh kesamaan pandangan akan musik itu membawa mereka pada kesuksesan seperti sekarang ini.

Air Supply terdiri dari lima personel, hanya saja dou Graham Russel yang yang kelahiran Nottingham, Inggris 11 June 1950, dan Rusell Hitchcook yang lahir Melbourne, Australia 15 June 1949 inilah yang paling menonjol.
Segera setelah keduanya bertemu di Melbourne, kedua remaja yang sama-sama fans the Beatles dan suka bernyanyi ini mulai menapak kerasnya perjalanan di dunia musik. Awalnya mereka bermain tanpa bayaran di pub-pub lokal di Melbourne.

Penampilan keduanya yang apik membuat mereka cepat dikenal publik Melboure, dan taklama setelah itu mereka membuat CD demo berisikan dua lagu "Love and Other Bruises" dan "If You Knew Me".

Keduanya hampir putus asa ketika hampir semua label di Sidney yang mereka datangi menolak karya mereka. Namun akhirnya CBS Records menerima mereka sekaligus merekam singgle mereka "Love And Other Bruises" yang setelah dirilis berhasil menjadi nomor 1 di tangga lagu Australia.

Setelah itu, bersama tiga personel lainnya, duo ini sepakat membentuk band yang diberinama Air Supply dan merilis debut album mereka "Air Supply" yang berisikan lagu hits "Love And Other Bruises" dan Empty Pages. Kesuksesan di dalam negeri itu membawa Air Supply menjadi band pembuka konser Rood Steward di Australia, kemudian di Amerika Utara dan Kanada. Hanya saja, meski Air Supply mendapat fans baru, mereka belum bisa merebut pasar Amerika Serikat.

Sekembalinya ke Australia ditahun 1977 mereka merekaman ulang lagu Love and Other Bruises sekaligus menjadikan nama Album baru mereka. Ditahun yang sama Air Supply merilis album ketiga mereka "The Whole Things Started" yang berisikan hits antara "Do what You Do".

Tahun 1979 Air Suplly merilis album "Life Support" yang direkam di sebuah studio kecil di Sydney Australia. Dalam album ini terdapat versi asli lagu "Lost in Love" yang ditulis Graham Russel dalam waktu 15 menit saja. lagu "Lost In Love" ternyata menarik perhatian pemilik Arista Record, Cliye Davis di New York yang lantas merekam ulang album itu di AS dan dirilis dengan judul album "Lost In Love".

No comments:

Post a Comment