Tuesday 30 June 2009

Lonel Richie

Romantisme Easy Listening
Artis legenda hidup yang satu ini namanya begitu akrab di Indonesia. Lagu-lagu hits-nya seperti "All Night Long" dan "Hello" begitu akrab di telinga. Lioner Richie dilahirkan di Tuskegee, Alabama 20 Juni 1949. Sebagai penyanyi dan penulis lagu, karya-karya Lionel Rchie berciri khas romantis dan easy listening.

Karir musik Lionel Richie dimulai ketika ia bergabung dengan grup "The Commodores" ditahun 1968. Di grup ini, Lionel Richie bertindak sebagai lead vokal dan dialah yang menulis dan menyanyikan lagu-lagu hits grup ini seperti "Easy", "Three Times A Lady" dan "Still".

Diakhir tahun 70-an Lionel Richie mulai menulis lagu untuk arstis lain, salah-satunya ia menulis lagu "Lady" yang dinyanyikan sahabatnya Kenney Rogers ditahun 1980.

Ditahun 1981 Richie memutuskan keluar dari The Commodores dan bersolo karir. Ditahun yang sama berduet dengan Diana Rose dalam lagu "Endles Love" berhasil menempati posisi pertama tangga lagu AS dan Inggris.
Tahun 1982 Lionel Richie merilis debut singgel perdananya yang terdapat pada "Lionel Richie", "Truly". Singgel ini menjadi nomor 1 di Billboard Top 100 dan terjual sebanyak lebih dari 4 juta copy. Dalam album perdananya ini, ia menulis lagu berjudul "You Are" bersama istrinya Brenda Harvey Richie.

Album keduanya ditahun 1983, "Can Slow Down" menghasilkan hits seperti "Stuck On You", "Hello", dan "All Night Long". Album ini mencapai nomor 1 di tangga lagu Billboard dan bertahan selama 3 minggu. "Can't Slow Down" juga menempati top ten hits selama 59 minggu dan terjual sebanyak 20 juta copy di seluruh dunia.

Album ini juga meraih penghargaan "Grammy Award" tahun 1984 untuk kategori "album of the year". Khusus untuk lagu "Hello" yang sentimentil dalam album ini begitu menuai sukses, namun tidak lepas dari kritik. Akibat lagu ini Richie disebut telah keluar jauh dari akar musik R&B. Ia juga dikritik sebagai "Barry Manilow"-nya kulit hitam.

Kesuksesan juga diraih Lionel Richie pada album ketiganya berjudul "Dancing on the Ceiling" yang dirilis ditahun 1986. Album ini menghasilkan lagu hits seperti "Say You Say Me" yang merupakan soundtrack film peraih Oscar "White Night", kemudian "Dancing on the Ceiling", dan "Se La".

Dalam album ketiganya ini Richie juga berkolaborasi dengan grup musik country dari Alabama dalam lagu "Deep River Woman" yang juga sukses. Kesuksesan album ketiga Lionel Richie ini juga menandai akhir dari kesuksesannya secara komersial.

No comments:

Post a Comment