Tuesday 30 June 2009

Michael Jackson

Early Solo Carrier
Tahun 1971 adalah awal Michael Jackson mulai bersolo karir. Dibawah naungan Motown Recods, Michael merilis single pertamanya bertajuk "Got to Be There" yang langsung menempati posisi lima besar di deretan tangga lagu AS.setehun kemudian di tahun 1972, singglenya "Ben" menempati posisi 1. hanya saja seperti saat masih tergabung dalam The Jackson 5, momentum solo karir Jakson terhenti.

Diawal solo karirnya ini Michael merilis album ke 4 dan terakhirnya dibawah naungan Motown Recods ditahun 1975. Tapi itu semua akan berubah setelah Michael bertemu Quincy Jones, produser yang akan membawanya ke puncak kesuksesan.

Pertema kali Michael bertemu Quincy Jones ditahun 1977 saat ia mendapat peran utama bersama Diana Rose dalam film musical "The Wiz". Terinspirasi dengan suksesnya album "Destiny" yang diproduksi sendiri ditahun 1978 bersama The Jackson 5, Michael kembali melanjutkan solo karirnya setelah kontraknya dengan sang ayah berakhir.
Dibawah produser Quincy Jones inilah Michael pertama kali merilis album dalam usia dewasa. Quicy JOnes membungkus penampilan Michael dengan campuran musik funky disco-pop, Soul lembut, dan pop ballads yang akhirnya kembali membuat Michael bersinar.

Diawal kerjasamanya dengan Quincy Jones ini, lahir empat top ten hit?s single, termasuk hit's no. 1 "Don't Stop' til You Get Enaught" dan "Rock With You" yang meraih platinum (dua single ini terjual sebanyak 7 juta copy), meski demikian, Michael Jackson tetap tidak meninggalkan grupnya "The Jackson 5" yang saat itu telah berubah nama menjadi "Jackson's".

Hits paling mencuat dalam solo karir Michael Jackson adalah dalam album Thriller, meski saat pertama kali dirilis tahun 1982, tidak ada tanda-tanda sedikitpun jika album yang ini bakal menjadi album yang terlaris sepanjang masa.

Dalam Album ini, Quincy Jonesa, sang produser mempertahankan elemen yang membuat album solo karis pertama Jackson dibawah naungannya sukses, yaitu gabungan antara gerak tari, mosuk rock, dan tune pop dan ballad yang lebih lembut dan soulfull, yang dikenal sebagai trandmark-nya Michael Jakcson.

Tidak hanya itu, dalam album ini Quincy juga mengajak Paul McCartney untuk berduet, juga gitaris grup rock "Van Hallen", Eddie Van Hallen dan Vincent Price. Dengan materi album seperti itu memang tidak mengherankan jika album Triller meraih sukses, tapi yang lebih mencengangkan lagi adalah ketahanan album tersebut ditangga lagu.

"The Girl Is Mine" duet Jackson dengan Paul McCartney berhasil menempati posisi dua tangga lagu AS, kemudian "Billy Jean" dan lagu yang didalamnya diisi gitaris Eddy Van Hallen "Beat It" berhasil meraih posisi pertama ditangga lagu dalam waktu tujuh bulan dan empat minggu.

Dalam "Billy Jean" dan "Beat It"' Jackson mengelaborasikannya dengan video klip yang kemudian melahirkan revolusi dalam pembuatan vidio musik. Untuk lagu "Billy Jean" Jackson membuatnya menjadi film musical tentang anti kekerasan geng. Selain itu Jackson membuat vidio klip berdurasi 10 menit lebih untuk "Triller" yang kemudian didaulat menjadi vidio klip terbaik sepanjang masa.

Ditahun 1983, Jackson pertama kali memperkenalkan gaya yang menjadi trademarknya berjalan di bulan atau "Moonwalker" pada ulang tahun ke 25 Motown Record yang disiarkan langsung di televisi. Meski sebenarnya Jackson bukan penemu gaya "Moonwalker" itu sendiri.

No comments:

Post a Comment