Tuesday 30 June 2009

John Denver

Master Musik Country
John Denver

John Denver merupakan penyanyi dan pencipta lagu folk dan country ternama yang merajai tangga lagu Amerika Serikat di tahun 70-an. Denver memulai karirnya bersama “Chad Mitchell Trio” di tahun 1965, setelah tiga tahun bergabung, penyanyi kelahiran Roswell, New Mexico, 31 Desember 1943 ini memutuskan keluar dan memulai solo karirnya di tahun 1969.

Di bawah RCA records, Denver merilis album pedananya."Rhymes and Reasons" yang tidak begitu sukses. Namun album ini ikut mengangkat sukses lagu "Leaving on a Jet Plane" yang versi aslina di nyanyikan trio "Peter, Paul and Mary". Dua album Denver berikutnya "Whose Garden Was This?," dan "Take Me to Tomorrow" di tahun 1970 juga tidak begitu sukses.

Penyanyi yang terlahir dengan nama Henry John Deutschendorf, Jr. ini baru berhasil menyita perhatian publik musik AS setelah album keempatnya “Poems, Prayers, and Promises” di rilis ditahun 1971. Album ini membuahkan hits single “Take Me Home, Country Road” yang berhasil mencapai posisi 2 Billboard Hot 100. Namun album ke 5 Denver “Airie” yang di rilis tahun 1972 terbilang gagal.

Pada tahun yang sama John Denver meriilis album “Rocky Mountain High”. Single dengan judul yang sama dari album ini berhasil masuk top ten hits di tangga lagu AS. Rocky Mountain High juga di jadikan lagu negara bagian Colorado.

Tahun 1973, Denver merilis single “Sunshine On My Shoulder” yang kemudian berhasil menjadi single no.1 hits pertamanya. Di tahun yang sama Denver merilis album “Farewell Andromeda” tidak begitu sukses. Barulah di tahun 1974, Denver merilis album yang menjadi album terpopulernya, “Back Home Again”. Album multi platinum ini berisikan no.1 hits single "Annie's Song", "Back Home Again", "Sweet Surrender"dan "Thank God I'm a Country Boy".

Sukses album "Back Home Again" di lanjutkan dengan album “Windsong” di tahun 1975 yang memberi Denver dua no.1 hits single; “I’m Sorry” dan “Calypso”. Tahun 1976, Denver merilis album ke sembilan “Spirit” yang ternyata tidak sesukses album sebelumnya meski berhasil membuahkan hits “Like a Sade Song” yang menjadi no.1 hits di adult contemporary chart. Setelah album ke sembilan ini, John Denver masih terus berkarya menghasilkan 13 lainnya hingga tahun 1997.

Selain sebagai musisi, penyanyi dengan ciri khas blue jeans cut bray dan spatu boot cow boy serta aksen westernnya ini, juga dikenal sebagai pribadi yang menyenangkan.
Denver juga dikenal aktif di dunia politik dan sosial kemanusiaan. Di usia 53 tahun, tepatnya di tahun 1997 penyanyi yang namanya juga masuk “Song Writer Hall Of Fame ini” meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat kecil berkapasitas dua tempat duduk yang dipilotinya. Setahun setelah kematiannya, lagu “Take Me Home, Country Road” di anugrahi penghargaan grammy Hall Of Fame di tahun 1998.

No comments:

Post a Comment