Tuesday 30 June 2009

The Rolling Stones (part 1)

The World’s Greatest Rock and Roll Band
Rolling Stones adalah Rock Band legendaris asal Inggris yang tak terbatahkan lagi merupakan band papan atas dunia yang konstisten dan masih aktif hingga kini. Rolling Stones didirikan oleh gitaris Brian Jones ditahun 1962, nama The Rolling Stones juga diusung sang Jones yang ia ambil dari julud lagu Muddy Waters “Rollin' Stone”.

Dimasa awal berdirinya band ini, Jones yang masih tergabung dalam band “ Blues Incorporated” memang berniat mendirikan band sendiri. Jones kemudian mengajak pianis Ian Stewart, selanjutnya drumer Geof Bradford bergabung. Taklama setelah itu barulah Mick Jagger, Keith Richrad dan bassis Dick Taylor juga bergabung.

Mick Jagger dan Keith Ricard merupakan sahabat karib sejak masih di sekolah dasar, namun sempat terpisah lantaran orang tua mereka pindah tempat tinggal. Keduanya baru bertemu kembali ditahun 1960 setelah duduk di bangku kuliah, saat itu Mick Jagger masih menjadi mahasiswa London School of Economics, sementara Richard belajar di Sidcup Art College.

Dua sahabat karib yang memiliki kesamaan yaitu sama-sama menyukai musik blues ini kemudian membentuk band beraliran blues “Little Boy Blue dan the Blue Boys bersama Dick Taylor. Kecintaan akan musik blues ini pula lah yang akhirnya mempertemukan Jagger dan Richard dengan Brian Jones di klub blues di London.

Rolling Stones resmi pertama kali tampil di depan umum di Marquee cllub di London, pada tanggal 12 Juli 1962, namun saat itu drumer Geof Bradford telah keluar dan digantikan Mick Avory.

Dua minggu setelah penampilan mereka di Marquee, Taylor meninggalkan band dan posisinya digantikan Bill Wyman, setelah itu giliran Mick Avory yang juga keluar, posisinya digantikan Charly Watts. Proses bergabungnya drumer ini cukup alot, Watts yang baru keluar dari band Blues, Inc dan telah bekerja di perusahaan periklanan itu harus dibujuk terlebih dulu selama beberapa bulan dan baru kemudian bersedia bergabung dengan Stones.

Memasuki tahun 1963, formasi The Rolling Stones telah lengkap dan mereka mulai menjadi band pengisi di Crawdaddy Club, selama delapan bulan. Selain berhasil menambah fans mereka, penampilan band ini juga menarik Andrew Loog Oldham, yang akhirnya menjadi manajer band ini.

Meski tanpa pengetahuan musik yang baik, Oldham piawai dibidang publikasi, ia juga yang menggagas image bahwa The Rolling Stones adalah band anak “bandel” kebalikan dari The Beatles. Ia juga yang mempunyai ide sekaligus meminta pianis Ian Stewart keluar dari band, lantaran penampilannya yang sangat kontras dengan personel Rolling Stones yang lain dianggap tidak menunjang image band. Meski berat, Stewart akhirnya menyutujui permintaan Oldham, hanya saja ia tetap diminta bersama band, dengan posisi sebagai road manajer.

Dibawah tangan dingin Oldham, Stones mengikat kontrak dengan Decca Records untuk merilis singel perdana mereka “Come On” di ditahun 1963 yang hanya menjadi minor hits. Diakhir tahun 1963, Stones merilis versi lain dari lagu "I Wanna Be Your Man" dalam bentuk singel. Singel kedua mereka ini berhasil mencapai peringkat 15 di tangga lagu Inggris.
Awal tahun 1964, Stones merilis singel ketiga mereka "Not Fade Away," yang berhasil mencapai peringkat tiga tangga lagu Inggris, sekaligus menjadi lagu pertama mereka yang masuk tangga lagu di AS. Sejak saat itulah Rolling Stones mulai dikenal di Inggris, mereka dikenal sebagai band yang lebih keras dan seksi dibanding The Beatles.

to be continued..

No comments:

Post a Comment