Tuesday 30 June 2009

Bryan Adams

Simple dan Sederhana
Dengan perjalanan karirnya yang lebih dari 20 tahun di dunia musik, dan penjualan albumnya yang menjadi pesaing artis-artis besar lainnya, sikap dan kepribadian Brian Adams ternyata tetap tidak berubah, tetap simple sederhana.
"Saya hanya seorang pemain bass di band ini," katanya dalam sebuah wawancara.

Bryan adams adalah penyanyi yang dikenal dengan vokalnya yang berat, penampilannya yang sederhana dan live performence-nya yang memukau. Artis yang terlahir dengan nama Bryan Guy Adams di Kingston, Ontario, Kanada ini awalnya tidak begitu mengenal musik, lantaran orang tuanya yang bertugas sebagai diplomat sering berpindah-pindah tempat dari eropa hingga timur tengah.

Adams yang lahir pada 5 November 1959 ini menghabiskan masa remajanya di kota Birre, Portugal, dan baru pada tahun 1973, keluarganya kembali ke Kanada dan tinggal di utara Vancouver. Kecintaanya akan musik berawal dari sebuah gitar yang baru ia miliki saat berusia 10 tahun. Sejak saat itu ia jatuh cinta pada musik. Diusianya yang baru 15 tahun Adams memutuskan berhenti sekolah dan memilih musik sebagai jalan hidupnya. Saat itu Bryan Adams bergabung sebagai lead vocal dengan band like Shock and Sweeney Todd.
Ditahun 1977, peraih dua penghargaan Grammy Award ini bertemu dengan Jim Vallance, kedunya kemudian bekerja sama sebagai penulis lagu. Setahun kemudian tepatnya 1978, saat Adams berusia 18 tahun, A&M Records mengontraknya sebagai penyanyi. Tahun 1980, album pertama Adams dirilis berjudul "Bryan Adam" disusul album keduanya ditahun 1981 "You Want It You Got It".

Hanya saja, baru pada album ketiga, Adams mencapai kesuksesan dan popularitas mendunia. Dirilis pada Januari 1983, album "Cuts Like A Knife" menggebrak pasar. Singel nya "Straigth From The Heart" mencapai nomor 10 di Billboard hot 100. Album itu sendiri mencapai peringkat 8 di Billboard 200 dan mendapat platinum di Kanada dan AS, serta meraih gold di Australia.

Tahun 1984 Adam merilis "Reckless", Album ini menjadi best seller dan mendapat 5 platinum di AS. Didalamnya terdapat singel bertajuk "Run to You", "Heaven", dan "Summer of '69" serta "It's Only Love".

"It's Only Love" masuk nominasi Grammy Award untuk kategori Best Rock Vocal Performance, dan ditahun 1986 tembang ini mendapat MTV Award untuk kategori Best Stage Performance. Sementara tembang "Heaven" menjadi single tersukses album ini dan menjadi nomor satu ditangga Billboard Hot 100. Album Bryan Adam berikutnya berjudul "Into the Fire" yang dirilis tahun 1987. Dalam album ini terdapat hits song "Heat Of The Night" dan "Hearts On Fire".

Bryan Adam terus mencetak hits. Tahun 1991 ia merilis "Waking up the Neighbours" yang terjual hingga 10 juta copy diseluruh dunia. Dalam album ini terdapat hits singel "Can't Stop This Thing We Started" dan "(Everything I Do) I Do It for You". Lagu ini juga menjadi soundtrack film "Robin Hood: Prince of Thieves" serta tercatat memecahkan rekor, dengan bertahan di nomor satu UK chart selama 16 minggu.

Adams kembali mencetak hits dengan albumnya "18 til I Die". Album yang dirilis tahun 1996 ini mencetak hits, "Lets Make a Night to Remember" dan "Have You Ever Really Loved A Woman" yang mencapai nomor wahid di tangga lagu AS.

Siapa sangka, selain seorang penyanyi, Brian Adams ternyata juga seorang photografer handal dan aktivis sosial. Karya fotonya telah dipublikasikan di berbagai majalah sepeti British Vogue, L'uomo Vogue, Vanity Fair, Harper's Bazaar. Bahkan ia mendapat penghargaan LeadAward dibidang fotograpy ditahun 2006.

Sejak tahun 1980 Bryan Adams telah dikenal sebagai aktivis sosial. Adams berpartisipasi dibebagai konser dan aktivitas lainnya amal lainnya. Tercatat Adams pernah tampil dalam konser amal seperti "Live Aid", 5th Annual Prince's Trust Rock Gala bersama Elton John, kemudian tour dua minggu Amnesty International "A Conspiracy of Hope" bersama U2, dan sederet kegiatan amal lainnya.

No comments:

Post a Comment