Tuesday 30 June 2009

Celine Dion

Artis Pekerja Keras
Siapa tak kenal Celine Dion, penyanyi asal Kanada ini merupakan salah satu artis top dunia yang dikenal pekerja keras. Tercatat, dari tahun 1992 s/d 1996, Celine merekam 6 buah album. Salah satunya album bertajuk "Fallin Into You" yang sukses membanya namanya ke level yang lebih tinggi. Album ini memenangkan Gramy untuk kategori album of the year dan best pop album.

Celine Marie Claudette Dion lahir dan dibesarkan di sebuah kota kecil yang sederhana bernama Charlemagne, di Quebec, Kanada, 30 Maret 1968. Anak bungsu dari 14 bersaudara ini lahir dari keluarga kelas pekerja, pasangan, Adhemar dan Therese Dion yang juga sangat mencintai musik. Bagi Celine, kedua orang tuannya in adalah figur yang sangat penting dalam perkembangan karir musiknya.
Celine telah mulai bernyanyi diusia 5 tahun menggunakan piano bar milik orang tuanya. Diusai 12 tahun ia telah menulis lagu pertamanya "Ce N'etait Qu'un Rve" ("It Was Only a Dream") yang kemudia direkam dengan dibantu ibu dan saudara laki-lakinyanya. Lagu pertama Celine ini kemundian di kirim ke seorang produser Rene Anglelil yang namanya mereka kenal lewat cover album penyanyi Ginette Reno.

Sang produser Angelil sangat yakin akan bakat Celine Dion, karenanya ia tidak sungkan-sungkan menggadaikan rumahnya untuk membiayai dua album pertama Celine. Kegigihan Angelil tidak sia-sia, ditahun 1983, Celine Dion menjadi artis pertama asal Kanada yang meraih piringan emas di Prancis.

Salah satu yang mendorong Celine remaja untuk bisa menaklukan pasar musik di AS adalah saat diusia 18 tahun ketika ia menyaksikan penampilan "king of pop" Michael Jackson di televisi. Saat itu juga ia meminta kepada managernya Angelil bahwa ia ingin menjadi seperti Michael Jackson yang mendunia.

Angelil merespons permintaan Celine dengan kemudian memintanya istirahat selama 18 bulan untuk perubahan image, antara lain pada penampilan fisik, termasuk mengikuti les bahasa Inggris yang akan membantunya menembus pasar AS.

Hasilnya mulai terlihat segera, Albumnya bertajuk UNISON ditahun 1990 menghasilkan beberapa hits, tetapi lagu yang hits itu merupakan duetnya dengan Peabo Bryson, termasuk didalamnya soundtrack film Desney, Beauty and The Beast yang meraih posisi pertama tangga lagu Pop AS.

Lagu Beauty and the beast juga memenangkan penghargaan Gramy dan Academy Award. Lagu ini muncul dalam album kedua Celine dalam bahasa Inggris ditahun 1992 bertitel Celine Dion. Sementara Lagu "If You Ask Me Now" dalam album ini juga sukses masuk jajaran top 10 AS.

Dimasa inilah juga terjadi perkembangan menarik dalam kehidupan pribadi Celine Dion, dimana sang manager, Angelil beralih menjadi kekasihnya. Sebenarnya kedekatan keduanya terjadi sejak tahun 1998, namun pasangan yang berbeda usia 26 tahun ini menyembunyikan rahasia itu kepada publik sampai pada pernikahan mereka di tahun 1994 di Notre Dame Basilica Montreal's.

Di tahun 1996 Celine mendapat kehormatan untuk tampil dalam pembukaan olimpiade di Atlanta "My Hart Will Go On" dari soundtrack film bockbuster "Titanic" menjadi Hits yang diradio-radio disebut sebagai lagu demam titanic yang melanda dunia. Lagu ini kemudian dimasukkan dalam album "Let's Talk About Love" yang juga mencapai puncak Chart lagu.

Sampai saat ini Celine Dion tercatat sebagai salah satu artis pop terbesar sepanjang sejarah yang telah menjual lebih dari 100 juta copy albumnya diseluruh dunia.

No comments:

Post a Comment