Tuesday 30 June 2009

Kool & The Gang

Band Yang Eksis di Banyak Genre Musik
Band yang satu ini bermain di banyak jalur musik, Kool & the Gang dikenal sebagai band yang eksis di jalur musik jazz, R&B, soul, funk, dan disco. Kool & The Gang pada masa awalnya bermaterikan sembilan personel, namun sepanjang karir mereka terdapat tujuh personel inti yaitu; basis, Robert “Kool” Bell, drummer George Brown; trumpet Robert Mickens, Ronald Bell dan Dennis Thomas saxophone, gitaris, Claydes Charles Smith, serta keyborist, Rick Westfield.

Kool & The Gang dibentuk oleh Robert Bell yang juga dikenal dengan julukan "Kool". Awalnya Robert bersama 4 teman SMA-nya membentuk instrumental band bernama Jazziacs ditahun 1964. Jazziacs kemudian berganti nama menjadi Kool & The Gang setelah mengikat kontrak dengan De-Lite Records ditahun 1969.
Dibawah De Lite records ini Kool & The Gang merilis single perdana mereka “Kool & The Gang”, disusul album perdana ditahun 1970 dengan judul yang sama dan dilanjutkan dengan dua live album. Awal karir band asal New Jersey, AS ini terbilang cukup baik dengan berhasil masuk top 40 namun baru pada tahun 1973 mereka benar-benar mengenyam kesuksesan. Album mereja Wild and Peacefull berhasil masuk to 5 R&B Album dan top 10 pop single yaitu "Funky Stuff," "Jungle Boogie," and "Hollywood Swinging.". Robert “Koll” dkk terus melanjutkan sukses mereka dengan di 3 album mereka berikutnya/ yaitu Light of Worlds thn 1974, Spirit of the Boogie 1975, and Love & Understanding 1975.

Tahun 1977 dan 1978 bisa dibilang tahun “kering” secara komersial bagi Koll & the Gang. Hal inilah yang membuat band ini memutuskan mengambil vokalis dan produser dari luar. Diperiode inilah bergabungnya vokalis, James “JJ” Taylor tepatnya di tahun 1977. Kehadiran “JJ” langsung membawa Koll & The Gang ke jalur sukses dengan hits “Lady’s Night” dan “Too Hot” dari album “Lady’s Night”. Nama “Lady’s Night” kemudian menjadi tradisi di New Jersey dance clubs and bars selama 25 tahun. Yang menarik, satu bait dari lagu “Ladies Night” yaitu "Come on, let's all celebrate" menginspirasi Ronald Bell menulis lagu “Celebration” Yang sekaligus menjadi judul album mereka berikutnya Celebration yang dirilis tahuun 1980. Single “Celebration” sendiri tercatat sebagai no.1 hits single.

Koll & The Gang terus mencetak hits di 3 album mereka berikutnya yaitu “Something Special” di tahun 1981, “As One” di tahun 1982., "Let's Go Dancin' (Ooh La, La, La)" di tahun 1983. Hits yang tercipta antara lain; "Jones vs. Jones" , "Take It to the Top", "Big Fun", "Steppin' Out", "Get Down on It", dan “Joanna". Di tahun 1984 Kool & The Gang merilis album “Emergency” yang juga mencatatkan sejarah tersendiri bagi band ini. “Emergency” album membuahkan 4 top 20 hits diantaranya “Fresh” dan Cherish”.

Perjalanan Koll & The Gang terhenti setelah Taylor Bell dan Ronal Bell yang berganti nama menjadi Khalis Bayyan keluar dari band ini, setelah album “Forever” yang dirilis thn 1987. Keduanya memang kembali bergabung namun hingga saat ini belum bias kembali mendatangkan hits baru bagi Koll & The Gang”.


No comments:

Post a Comment