Tuesday 30 June 2009

Phil Collins part I

the bigining
Mungkin jika sang ibu yang seorang pemandu bakat tidak memasukkannya ke sekolah theater, Phil Collins bisa jadi tak menjadi legenda musik dengan 13 albumnya yang telah terjual lebih dari 155 juta copy di seluruh dunia. Sang ibu, June Collins, sangat berperan hingga Phil kecil mengenyam pendidikan di sekolah theater "Barbara Stage" dimana ia berlajar bernyanyi.

Semasa kanak-kanak, Phil Collins sangat aktif, dia mengikuti berbagai kontes bakat, akting dan modeling, bahkan ia juga suka bermain sepak bola. Phil Collins terkenal sebagai drummer handal dan lewat instrumen musik yang satu inilah, Phill mulai mengenal musik. Phil Collins bermain drums sejak usia lima tahun saat ia menerima hadiah satu set drum mainan, barulah diusia 12 tahun ia menerima satu set drum asli.
Semula, Phill Collins kecil bersekolah di Chiswick Grammar, namun diusia 13 tahun Phill berhasil mendapat peran sebagai "Artful Doger" dalam cerita yang diangkat dari novel Oliver Twist yang diproduksi "The West End" ditahun 1964.

Kepala sekolahnya saat itu memberitahu ibunya bahwa Phill Collins harus keluar dari sekolah jika ia mengambil peran itu. Namun ibunya mengatakan, Phil Collins lah yang berhak memutuskan pilihannya. Phill Collins kemudian memilih meninggalkan sekolahnya. Atas anjuran sang ibunyalah, Phill kemudian masuk sekolah theater "Barbara Stage".

Disekolah inilah, Phill Collins memulai pengalaman pertamanya bergabung bersama sebuah band benama "Real Thing" dan kemudian "Freehold" dimana ia pertama kali menulis lagu berjudul "Lying Crying Dying". Diusia 18 tahun ia bergabung dengan band rock "Hickory" yang kemudian bubar lantaran kurang sukses.

Baru ditahun 1970, Phill Collins menapakkan kukunya di dunia musik. Lewat sebuah iklan di koran, ia bergabung sebagai pemain drum dan backing vokal pada grup pop/rock "Genesis". Album pertamanya dengan Genesis, "Trespass" (1970), "Nursery Crime" (1971) dan "Foxtrot" (1972).

Tahun 1972, diusia 21 tahun, Phill Collins yang saat itu masih tinggal di rumah orang tuanya mengikuti tour Genesis ke AS, disaat bersamaan, ayahnya Greville Collins meninggal dunia. Menurut ibunya, Phill Collins sangat terpukul, tak lama setelah itu, ia tinggal di sebuah flat di Epsom.

Genesis sendiri kemudian meluncurkan album tour amerika mereka bertajuk "Genesis Live" (1973), kemudian album bertajuk "Selling England by the Pound" ditahun 1973. Berikutnya Genesis meluncurkan album bertajuk "The Lamb Lies Down on Broadway" tahun 1974 yang merupakan album genesis favorit Phill Collins sepanjang masa.

Tahun 1975 adalah awal meroketnya karir Phill Collins setelah ia menggantikan posisi lead vokal Genesis Peter Gabriel yang keluar untuk bersolo karir. Ditahun yang sama ini pula lah ia bertemu dengan Andrea Bartorelli yang baru pindah ke Inggris dari Kanada dengan anaknya Joely yang baru berusia 2 tahun. Tahun itulah, Phill Collins menikahi Bartorelli dan mengadopsi anaknya.

Pasangan muda ini kemudian dianugrahi seorang putra bernama Simon namun keduanya bercerai ditahun 1980, Bartorelli kemudian pindah ke Kanada, meski bercerai, keduanya tetap berteman.

No comments:

Post a Comment