Tuesday 30 June 2009

Donna Summer

Dari Gospel Ke Disco
Penyanyi yang satu ini dikenal sebagai ratu disco. Di era disco, kesuksesan lagu-lagunya hanya bisa dibandingkan dengan Bee Gees.

Dibesarkan dilingkungan penganut kristen yang taat, Summer yang lahir di Boston, 31 Desember, 1948 ini sejak kecil sudah menjadi penyanyi gospel. Menginjak masa remaja, penyanyi yang mempunyai nama asli LaDonna Andre Gaines ini mengawali karirnya sebagai penyanyi bersama grup rock "The Crow". Ia hijrah ke Jerman tahun 1968 dan menetap disana selama setahun setelah sebelumnya mendapat peran dalam drama theater "Hair".

Singel pertama Summer "Sally Go 'Round the Roses," dirilis tahun 1971, namun sayang gagal di pasar. Kesuksesan baru menyambangi Summer ditahun 1974 saat ia bertemu dengan produser dan penulis lagu Giorgio Moroder dan Pete Bellotte. Kolaborasinya dengan mereka menghasilkan hits single di eropa "The Hostage". Setelah "The Hostage" sukses, Summer merilis album pertamanya "Lady of the Night" yang hanya dirilis di eropa.
ahun 1975, kolaborasi Summer bersama Giorgio Moroder dan Pete Bellotte menghasilkan singel "Love to Love You Baby," yang hits di eropa. Lagu ini menarik minat Casablanca Record di AS sekaligus memasukkan lagu ini ke radio-radio di AS. Hasilnya, singel ini menempati peringkat dua chart single di AS dan judul lagu ini kemudian diangkat sebagai nama album Donna Summer berikutnya.

Setelah "Love to Love You Baby," sukses nama Donna Summer makin melambung di AS dan merajai era disco lewat hits - hitsnya antara lain, "I Feel Love" dan "Last Dance," yang meraih Grammy untuk kategori "Best Female R&B Vocal". Salah satu albumnya "Bad Girls" yang dirilis tahun 1979, makin menguatkan namanya lewat lagu yang menjadi no. 1 hits antara lain, "Hot Stuff" and "Bad Girls".

Memasuki tahun 1980-an, dibawah label Geffen Recods Donna Summer merilis album "The Wanderer" yang didalamnya terdapat hits singel "Cold Love" and "Who Do You Think You're Foolin".

Bintang masih bersinar buat Donna Summer di tahun 1980-an ini. Hits-hits top ten terus ia ciptakan seperti pada albumnya "She Works Hard for the Money" yang drilis tahun 1983 dan "This Time I Know It's For Real" serta "Breakaway" dari album "Another Place and Time" ditahun 1989 yang membuahkan setifikat gold.

Barulah ditahun 1991 nama Donna Summer mulai meredup. Albumnya "Mistaken Identity" gagal dipasaran. Hanya saja ditahun yang sama Summer menerima penghargaan "Hollywood Walk of Fame".

Meskipun ia lebih dikenal dengan hits-hits disconya, Donna Summer juga dikenal dengan karya-karyanya yang beraliran contemporary R&B, rock, mainstream pop, dan bahkan gospel.

Donna Summers adalah artis wanita tersukses di tahun 70 dan 80-an, ia memegang rekor no 1 hits di doubel album di tangga lagu Billboard sebanyak tiga kali. Sumers juga memegang rekor sebagai penyanyi wanita pertama yang memiliki empat no 1 single dalam kurun waktu 12 bulan. Hingga saat ini karya-karya Sumers telah terjual 130 juta copy diseluruh dunia.

No comments:

Post a Comment