Tuesday 30 June 2009

Toto

Band Yang Lahir dari Sesion Mussion
Toto merupakan band yang dibentuk oleh enam musisi studio di tahun 1977,. Pada tahun yang sama band bermaterikan David Paich, Steve Lukather, Bobby Kimball, Steve Porcaro, David Hungate dan Jeff Porcaro ini mulai mengerjakan materi album pertama mereka.

Setelah semua materi album perdana mereka selesai, semua personel band ini sepakat menjadikan kata Toto menjadi nama band ini. Awalnya kata Toto ini sengaja ditulis oleh Jeff Porcaro di cd demo mereka untuk membedakan dengan cd demo band yang lain.
Tidak seperti kebayakan artis lain, Album perdana Toto yang dirilis tahun 1978 langsung menembus pasar AS. Album ini melahirkan tiga hits single "Hold the Line", "I'll Supply the Love" dan "Georgy Porgy".

Tahun 1979 Toto merilis album kedua “Hydra”. Meski terbilang gagal dipasaran, yaitu hanya menyabet sertifikasi gold dalam hal penjualan, album ini menghasilkan satu hits terpopuler mereka “99”. Toto merilis “Turn Back” di tahun berikutnya, namun juga menemui kegagalan.

Kegagalan dua album tersebut tidak membuat band ini berhenti. Tahun 1982 Toto merilis album “Toto IV” yang merupakan album tersukses mereka. Album triple platinum ini antara lain berisikan no.1 hits pertama Toto, “Africa” kemudian single top ten hits “Rosanna” dan “I Wont Hold You Back”.

Singel “Rosanna” juga membuahkan tiga grammy award untuk Toto. Usai album ini, basis David Hungate memutuskan keluar dengan alasan keluarga, posisinya kemudian digantikan Mike Pocaro.

Tahun 1984, Toto mulai mengalami perpecahan. Vokalis Boby Kimball dipecat karena masalah dengan band, posisinya digantikan Fredie Frederikson. Pada tahun yang sama Toto merilis album “Isolation”, yang meski sukses secara komersial namun masih kalah dibanding album sebelumnya.

Hal yang sama terjadi di album keenam Toto “Fahrenheit” yang di rilis tahun 1986. Album ini gagal dipasaran meski tetap menghasilkan hits single “I’ll Be Over You” dan “Lea”. Tahun 1988, Toto kembali kehilangan satu personelnya, Steve Porcaro mengundurkan diri usai dirilisnya album “The Seventh One”.

Toto kembali menuai sukses seperti pada album ketiga mereka setelah merilis album ketujuh “The Seventh One” di tahun 1988. “Seventh One” menghasilkan hits “Pamela” , "Stop Loving You" dan “Home of the Brave”. Setelah “The Seventh One” Toto masih merilis 5 album lagi yang kesemuanya tidak begitu sukses.

Tahun 1999, mantan lead vocal “Boby Kimball’ kembali bergabung dengan Toto, namun hingga album terakhir mereka “Falling In Between” di tahun 2006, tetap tidak dapat mengangkat kembali nama band ini.

No comments:

Post a Comment