Tuesday 30 June 2009

Billy Joel


Pianis Legendaris Yang Mantan Petinju
Jika saja Billy Joel tidak meninggalkan olah raga tinju, mungkin ia tidak menjadi penyanyi dan pianis legendaris seperti saat ini.

Ketika masih SMA Billy Joel memang sempat menekuni olahraga itu ditinggkat amatir dan bertanding di kelas Welter. Rekor amatirnya juga cukup bagus, rekor 22 kali bertanding dan tidak pernah kalah.

hanya saja, Billy memutuskan meniggalkan olahraga keras itu pada pertarungannya yang ke 22, dimana tulang hidungnya patah. Sejak itulah, ia memutuskan menekuni musik.

Artis dengan nama lengkap William Martin Joel ini dilahirkan di Bronx, New York, 9 Mei 1949. Ayahnya, Howard adalah imigran asal Jerman sementara ibunya Rosalyn Nyman berasal dari keluarga Yahudi Inggris.
Darah "piano" dalam Billy Joel berasal dari sang ayah yang juga seorang pianis. Joel mulai belajar piano sejak usia dini dengan bimbingan kedua orang tuanya.

Semasa SMA di tahun 1964 Joel bergabung dengan band "The Echoes" yang populer di New York. Kecintaannya akan musik inilah yang membuatnya lulus SMA Hicksville High School tahun 1967 tanpa ijasah lantaran lebih memilih bermain musik.

Joel keluar dari The Echoes tahun 1967 dan sempat bergabung dengan band the Hassles serta membentuk grup duo "Atilla'. Di tahun 1971 Joel memutuskan bersolo karir ditahun dan ditahun yang sama ia merilis album perdana "Cold Spring Harbor" namun tidak terlalu sukses.

Barulah ditahun 1973/ Billy Joel pertamakali mencetak hit's lewat album Piano Man. Tahun 1974 dan 1975 Joel merilis album kedua dan ketiganya, "Streetlife Serenade" dan "Turnstiles" yang juga cukup sukses.

Ditahun 1977 ia merilis album "The Stranger" yang benar-benar "menganggkat" namanya lewat hits-hits seperti, "Just the Way You Are", "Movin' Out" dan "She's Always a Woman,".

Kesuksan terus berlanjut. Tahun 1978 Joel merilis album ke 4-nya "52nd Street", yang bertahan selama 8 minggu di nomor pertama tangga lagu AS dengan hits singgle seperti "My Life," "Big Shot," and "Honesty,".

Joel yang pensiun dari dunia musik tahun 1993 namun kembali ke dapur rekaman ditahun 2007 ini telah mencetak 10 hit dari awal solo karirnya tahun 1970 s/d 90. Joel juga tercatat mendapat anugrah Grammy Award sebanyak 6 kali. Selama karirnya, album Billy Joel telah terjual sebanyak 150 juta copy diseluruh dunia.

No comments:

Post a Comment