Tuesday 30 June 2009

R.E.M

Berangkat dari Indie Label

Band yang lahir tahun 1980 di Athens, Georgia, AS ini merupakan band yang berangkat dari indie label. R.E.M yang bermaterika Michael Stipe, Peter Buck. Mike Mills dan Bill Berry memulai perjalanan karir mereka dengan merilis single "Radio Free Europe", di tahun 1981. Singel ini cukup sukses mengangkat nama mereka sekaligus mendapatkan kontrak rekaman dengan I.R.S. records ditahun berikutnya.

R.E.M merilis album perdana “Murmur” di tahun 1982 yang mendapat pujuan dari berbagai kalangan. Album ini melahirkan hits "Talk About the Passion", dan "Perfect Circle". Namun, dua album R.E.M berikutnya “Reckoning” di tahun 1984 dan “Fables of the Reconstruction” di tahun 1985 terbilang gagal.

REM baru mencetak major hits pertamanya di album keempat “Lifes Rich Pageant” yang dirilis tahun1986. Album ini melahirkan hits “Fall on Me,". Album kelima mereka “Document” di tahun 1987 juga membuahkan hits "The One I Love". Tahun berikutnya R.E.M mengikat kontrak dengan major label “Warner Bross”, sekaligus merilis album “Green” ditahun 1988. Album ini menghasilkan hits single “Stand” yang berhasil masuk top 10 tangga lagu AS.

Setelah sempat beristirahat selama 3 tahun, R.E.M merilis album “Out Of Time” yang menjadi no.1 album pertama band ini. “Out Of Time” yang meraih empat sertifiksi platinum ini melahirkan hits “Losing My Religion" dan "Shiny Happy People". Sukses ini dilanjutkan dengan album “Automatic for the People” yang memunculkan hits “"Drive", "Man on the Moon" dan "Everybody Hurts".

Band yang lekat dengan aktivis green peace ini kembali melahirkan hits lewat album “Monster” di tahun 1994. “Monster” menjadi number one album yang menghasilkan hits “"What's the Frequency, Kenneth?" dan "Bang and Blame".

Tahun 1996, R.E.M merilis album “New Adventures in Hi-Fi” di tahun 1997, yang terbilang gagal dipasaran. Setelah album ini, Bill Berry memutuskan keluar dengan alasan pribadi. Namun sebelum meninggalkan R.E.M, Bill Berry mengajukan satu sarat kepada ke tiga rekannya, yaitu R.E.M tidak boleh bubar sepeninggalan dirinya.

R.E.M terus melangkah… tahun 1998, mereka merilis “Up” yang yang terbilang gagal ditahun pertama dirilis. Tahun 2001 R.E.M merilis “Reveal” yang juga terbilang gagal meski menghasilkan satu hits “Immitation Of Life”. Kegagalan ini dicoba diperbaiki pada album REM berikutnya “Arround The Sun”, namun album dengan hits “Leaving New York” ini tetap terbilang gagal di AS meski sukses di eropa. Terakhir, band yang namanya telah tercatat dalam Rock & Roll Hall Of Fame ini merilis album “Accerelate” di tahun 2008 lalu.

No comments:

Post a Comment