Tuesday 30 June 2009

MARIAH CAREY

Cinderella di Dunia Musik
Mariah Carey tercatat sebagai penyanyi wanita best selling di era 90-an. Album perdananya berjudul "Mariah Carey" yang dirilis tahun 1990 langsung melahirkan empat number one hits al; "Vision of Love," "Love Takes Time," "Someday" and "I Don't Wanna Cry,". Album ini juga membuahkan penghargaan grammy award.

Mariah Carey lahir di Long Island, New York, 27 Maret 1970, Ia anak ketiga dari pasangan Patricia dan Alfred Roy Carey. Ibunya, Patricia adalah penyanyi opera keturunan Irlandia, sementara sang ayah Alfred, adalah keturunan Afro Venezuela yang bekerja sebagai insiyur aeronatika.

Kedua orang tuanya bercerai saat Carey masih berusia 3 tahun, dan diusia itu pulalah Carey mulai dilatih bernyanyi oleh ibunya. Sebelumnya sang ibu melihat bakat Carey kecil saat ia mendengar Carey menirukan suaranya saat berlatih opera Verdi' Rigoletto.
Perjalanan karir Artis yang juga dikenal dengan kekuatan suaranya yang mencapai 5 oktav ini bak cerita Cinderella. Saat masih menjadi backup singer penyanyi Brenda K Star, Carey bertemu dengan bos Colombia Record Tommy Mottola disebuah pesta di tahun 1988. Saat itu Brenda Star menyelipkan rekaman suara Carey kepada Tony yang kemudian ia dengar dalam perjalan pulang.

Tony tepana dengan suara emas Carrey dan banting stir kembali ketempat pesta, hanya saja Mariah Carey sudah tidak ada ditempat. Namun Tonny Mottola tidak menyerah, ia melacak keberadaan Carey dan memintanya menandatangani kontrak rekaman hingga dirilisnya album pertama Carey, "Mariah Carey" tahun 1990.

Album kedua Carry ditahun 1992, "Emotions", juga sukses besar. Lagu "Emotions" sendiri juga menjadi lagu number one hits kelimanya. Dua lagu lainnya "Can't Let Go" dan "Make It Happen" juga mencapai Top Five tangga lagu AS. Ditahun yang sama, penampilannya di MTV Unplugged dirilis dalam MTV Unplugged EP yang didalamnya terdapat number one hits "I'll Be There.".

Tahun 1993, hubungan pribadi antara Carey dan Tommy Mottola akhirnya berujung pada pernikahan keduanya. Ditahun yang sama Carey merilis album ketiganya "Music Box" yang memberinya popularitas internasional. Music Box membuahkan hits al; "Without You", "Dreamlover" and "Hero" sekaligus menghasilkan UK no 1 singel pertama bagi Carey.

Bintang Carey terus bersinar. Tahun 1995, Ia merilis album kelimanya "Daydream" yang membuahkan hits al, "fantasy", "One Sweet Day", dan "Always Be My Baby".

Seperti banyak artis top lainnya, rumah tangga Carey tidak semulus karirnya. Ditahun 1997 Carey dan Mottola resmi bercerai. Namun dibalik perceraian itu, ada berkah tersendiri bagi Carey. Ia menjadi lebih mandiri sekaligus tampil dengan image baru di mata penggemarnya.

Ditahun yang sama Carey merilis album "Butterfly" dengan no 1 hits "Honey" serta "My All" yang menjadi lagu ke 13 nya yang menjadi no 1 hits. Dalam video klip lagu ini, Carey menunjukan "kebebasannya" dengan tampil lebih seksi.

Tahun 1999 album Carey cenderung lebih R & B, Hip Hop, ditahun itu ia merilis album ketujuhnya "Raibow". Dua lagu dalam album ini "Heartbreaker" dan "Thank God I Found You" menjadi no 1 hits di AS. Hingga album ke 7-nya, kesuksesan Carey sekaligus menjadikannya penyanyi wanita yang memiliki no 1 hits singgel di AS setiap tahunnya di tahun 90-an.

No comments:

Post a Comment