Tuesday 30 June 2009

Stevie Wonder

Artis Yang Mensyukuri Kekurangannya
Cacat fisik bukan menjadi hambatan seseorang meraih impiannya. inilah yang dapat dicontoh dari legenda kita yang satu ini Stevie Wonder..

Kebutaan permanen yang dialaminya tidak membuatnya sedih, namun sebaliknya ia percaya bahwa tuhan punya maksud tersendiri pada dirinya dengan kekurangannya itu.

Kenyakinannya itu memang terbukti, lagu-lagun seperti "You Are the Sunshine of My Life", "Superstition" dan "Isn't She Lovely," membuatnya meraih lebih dari 20 penghargaan Gramy Award.

Masa kecil Stevie Wonder yang terlahir dengan nama Stevland Hardaway Judkins penuh kerja keras. Stevie kecil dibesarkan oleh ibunya lantaran ayahnya meninggalkan ibunya dan 5 saudaranya setelah ia lahir.

Karir Stevie di dunia musik bermula saat ia dikenalkan dengan Ronnie White di tahun 1961 yang kemudian membawanya ke studio Motown Records. Barry Gordy, Bos Motown Record, sangat terkesan dengan Stevie kecil yang langsung memberinya kontrak rekaman untuk pertama kalinya meski hanya meraih sukses kecil.
Tahun 1963, diusianya yang baru 13 tahun Stevie mencetak hits pertamanya "Fingertips (Pt. 2)" ". Singgel ini menempati posisi teratas pada Pop and R&B chart. Tahun 1971, diusia 21 tahun, Stevie keluar dari Motown Recod dan merekam dua albumnya secara independent. Ia kembali bergabung dengan Motown Record tahun 1972 dan menggarap album "Talking Book" yang menghasilkan number one R&B hits singgle "Superstition".

Antara tahun 1972 hingga 1976 inilah Stevie merilis 5 album yang disebut-sebut sebagai masterpice-nya antara lain; Music of My Mind, Talking Book, Innervisions, Fulfillingness' First Finale dan Songs in the Key of Life.

Era 80-an merupakan masa keemasan penyenyi kelahiran Saginaw, Michigan 13 Mei 1950 ini. Albumnya Hotter than July, ditahun 1980 meraih paltinum dengan hits singgel seperti; Songs in the Key of Life, Lately dan Happy Birthday.

Ditahun 1982 Hasil kolaborasinya dengan Paul McCartney Ebony & Ivory juga meraih peringkat 1 ditangga lagu AS. Sementara tahun 1984, soundtracknya untuk film The Woman In Red, singgle "I Just Called to Say I Love You", meraih peringkat 1 pada tangga lagu pop dan R & B di AS dan Inggris.

Tahun 1985, Stevie merilis Hits Singgle "Overjoyed" yang menempati posisi 1 pada adult contemporary chart dan posisi 24 di Billboard Hot 100 dan bertahan di Top 40 selama enam minggu.

HIngga kini karir tarik suara sang legenda Stevie Wonder masih terus berjalan, meski salah satu dari 7 anaknya Aisha Morris telah mengikuti jejaknya berkarir didunia musik.

No comments:

Post a Comment