Tuesday 30 June 2009

Michael Jackson

Jacko dan the Jackson Five
Michael Joseph Jackson dilahirkan di Gary, Indiana, AS pada 28 Augustus 1958. Anak ke tujuh dari sembilan bersaudara ini lahir di keluarga kelas pekerja dari pasangan Joe dan Chaterin Jackson. Sang ayah, Joe Jackson adalah pekerja pabrik besi.

Joe melihat bakat besar yang ada pada anak-anaknya terutama Michael yang mempunyai bakat alam dalam dalam bernyanyi dan menari. Joe kemudian membentuk mereka dalam sebuah grup musik yang dipengaruhi jenis musik soul dan R&B yang saat itu tengah boming. Saat grup ini dibentuk ditahun 1964, Michael yang baru berusia 5 tahun menjadi lead vocal.

The Jackson 5 yang beranggotakan Jermaine, Tito, Marlon, Jackie dan Michael Jackson pertama kali tampil didepan publik di tahun 1964 di sebuah nichtclub bernama "Mr Lucky" di kota kelahiran Michael Jackson, Garry, Indiana.
Ditahun yang sama nama The Jackson five mulai mencuat setelah mereka menjuarai Kompetisi amatir yang berlangsung di Teather Appolo di Harlem. Setelah berkelana hampir satu dekade di kampung halaman mereka di Indiana, The Jackson 5 akhirnya menandatangi kontrak rekaman dengan perusahaan rekaman pencetak hit's, Motown Records di Detroit. Saat itu michael baru berusia 11 tahun.

Seperti diketahui, aksi panggung Michael terkenal sangat memukau dan diawal karirnya bersama Jackson 5 inilah ia mempelajari aksi panggung para maestro entertainer terutama tentang koreografi diatas panggung, bagaimana mereka mengekspresikan lagu dan cara mereka berinteraksi dengan penonton.

Mereka yang dianggap Michael Jackson sebagai ?guru?-nya antara lain; James Brown, Sam and Dave, Jack Wilson, Etta James dan kakanya sendiri, Jermain Jackson.

Tahun 1970 adalah tahun dimana The Jackson 5 pertama kali mencetak sejarah di dunia musik. Empat singgel pertama mereka "I Want You Back", "ABC", "The Love You Save" and "I'll Be There" menempati peringkat pertama pop and R&B charts.

Michael Sendiri memulai karir solonya diusia 13 tahun dengan hits pertamanya diusia 14 tahun bertajuk "Ben" (sebuah lagu bertema cinta kepada seekor tikus yang sangat menyetuh).

No comments:

Post a Comment