Tuesday 30 June 2009

George Michael
George Michael adalah penyanyi asal Inggris yang sukses baik saat masih bersama grup duo-nya "Wham" maupun ketika bersolo karir. Artis kelahiran London, Inggris 25 Juli 1963 ini, memulai karirnya dinuia musik bersama teman sekolahnya Andrew John Ridgeley. Awalnya mereka tergabung dalam band "The Executives" yang akhirnya bubar.

Meski bandnya tidak bertahan lama, Michael dan Ridgeley tetap menjalin kerjasama hingga akhrinya "Wham" terbentuk ditahun 1981. Dalam kurun waktu empat tahun "Wham" menghasilkan tiga buah album "Fantastic" dirilis tahun 1983, "Make It Big" yang dirilis tahun 1984 dan "Music from the Edge of Heaven" yang dirilis tahun 1986. Dari tiga album ini tercatat hits-hits antara lain; "Careless Whisper" dan "Last Cristmas".
Setelah Wham secara resmi bubar ditahun 1986, George Michael mulai bersolo karir. Sebelum merilis albumnya, penyanyi yang terlahir dengan nama Georgios Kyriakou Panayiotou ini merilis singelnya "I Knew You Were Waiting (for me)". Dalam singel yang meraih penghargaan Grammy Award ini, Michael berduet dengan penyanyi senior Aretha Franklin.

Tahun 1987 anak dari pasangan Jack dan Lesley Panayiotou ini merilis album solo pertamanya "Faith" yang sukses besar. Selain menjadi no.1 album ditangga lagu di Inggris, album ini juga menjadi album pertama yang menghasilkan 5 hits singel di Amerika Serikat antara lain; "Faith", "Father Figure" dan "Kissing a Foll".

Ditahun 1990 George Michael merlisi album keduanya "Listen Without Prejudice". Album tidak sesukses "Faith" meski menghasilkan no.1 hits ditangga lagu AS antara lain; "Praying for Time" dan "Waiting for a Day". Lima tahun kemudian, tepatnya ditahun 1996 Michael merilis album ketiganya yaitu "Older".

Dalam album tersebut terdapat dua lagu hits baik di AS maupun di Inggris Raya "Jesus to a child" dan "Fast Love". Dipenghunjung tahun 1999, George Michael merilis album "Songs from the Last Century" yang tidak begitu suk ses. Album terakhir George Michael dirilis tahun 2004, "Patience". Album yang diantaranya terdapat lagu "Shoot The Dog" berisi kritik terhadap presiden George Bush ini menjadi album dengan rekor penjualan tercepat di Inggris dan masuk top 5 tangga lagu eropa.

Seperti banyak artis lainnya, kehidupan pribadi George Michael juga menjadi kontroversi. Michael baru lebih terbuka soal gay setelah dirinya ditangkap polisi Beverlly Hills dalam kasus asusila di sebuah toilet umum ditahun 1998. Michael juga pernah tiga kali ditangkap polisi dlm kasus narkoba.

Meski demikian, Michael juga dikenal sebagai artis berjiwa sosial yang tinggi. Tecatat, ditahun 1991 ia berduet dengan Sir Elton John dalam single "Don't Let The Sun Go Down On Me", hasil penjualan singel ini yang menjadi no 1 hits dan meraih penghargaan Grammy Award ini ditujukan untuk Anak-anak, yayasan AIDS dan Pendidikan.

Hingga kini George Michael telah mencetak 12 no 1 hits singel dan 7 no.1 album ditangga lagu Inggris Raya dan 10 no 1 hits singel dan 2 album no 1 ditangga lagu Amerika Serikat. Debut albumnya "Faith" tercatat sebagai best selling album sepanjang sejarah. Kesuksesannya ini juga menjadikan George Michael sebagai penyanyi yang lagunya paling sering diputar selama dua dekade.

No comments:

Post a Comment