Monday 22 June 2009

Dari Gaptek,amatiran dan culun punya

Aku pengen posting..kehidupan masa laluku,kira kira 16 tahun yang silam.Semua berawal dari sebuah hobi utak atik barang yang sama sekali nggak ngerti bagaimana alat itu bekerja secara teori.Jadi semua di jalani dengan mengandalkan feeling,ikut ikutan ...tapi koq bisa bunyi juga ya?..
Musimnya temen temen main break pake freqwensi FM,saat itu belum banyak radio station jadi spasi kanalnya lumayan masih luas,tidak seperti sekarang ini ,1 skala aja udah ditempati .nggak tau siapa yang memulai mainan seru tapi liar ini.Yang jelas anak anak kampung gaptek semua akhirnya bisa bikin pemancar Fm mini tanpa dibekali teori,jangankan teori, pendidikan aja semua rata rata SMp ,padahal mainan pemancar ini khan klo menurut sejarahnya dari para senior khan lumayan rumit dan nggak asal ? jadi memang ada ilmunya ...tapi buktinya bunyi juga ? walaupun nggak jarang yang mengganggu Tv tetanga.
sambil bernostalgia...saya pengen posting skema skema pemancar Fm mini aja deh,dari mulai wireless ,tingkat dasar ampe yang pake transistor kapasitas besar untuk ukuran mini.Siapa tahu arsip posting dari Google ini kelak berguna buat aku pribadi,anak cucu,ato blogger lain :

PEMANCAR FM/WIRELESS MIC

Pemancar FM mini/Wireless Mic 88Mhz – 108 Mhz
Jarak pancar 30m s/d 50m



Berikut ini adalah gambar rangkaian Pemancar tersebut,
Silahkan anda pelajari, yang perlu mendapatkan perhatian adalah L1 atau kumparan induktor…

L1 menggunakan inti udara, gunakan kawat email 0,5mm.. gulung sebanyak 2 gulangan dengan diameter 4 s/d 5 mm.

aku dapet artikel ini dari mufid batam thanks artikel nya bang.

No comments:

Post a Comment