Tuesday 30 June 2009

Kenny Rogers

Sang Maestro Country Pop
Sosok artis yang satu ini punya bermacam profesi, ia dikenal sebagai penulis buku, aktor, juga pengusaha jaringan restoran cepat saji. Namun ia lebih dikenal sebagai penyanyi, dia adalah Kenneth Donald Rogers atau yang lebih dikenal dengan Kenny Rogers.

Dilahirkan di Texas pada 21 Agustus 1938, Keny Rogers dan 7 saudaranya dibesarkan di daerah termiskin di kota itu. Kenny mulai mengenal musik saat SMA setelah bergabung dengan Band beraliran rock "The Scolar". Karir musik Kenney Rogers mulai bersinar ditahun 1966 saat ia bergabung dengan grup musik Folk "New Christy Ministrels". Suara emas Kenny Rogers dapat didengar pada salah satu Hits band ini berjudul "Green Green".

Kenny Rogers hanya bertahan selama setahun dengan "New Christy Ministrels", kemudian bersama beberapa anggota band itu ia membentuk grup band baru "The First Edition".
"The First Edittion" mencatat hits lewat single "Just Dropped It" ditahun 1968. Kurang dari satu tahun kemudian Kenny Rogers menjadi tokoh sentral grup ini, nama grup ini berubah menjadi "Kenny Rogers and The First Edition".

Di musim panas tahun 1969 "Kenny Rogers and The First Edition" meraih top hits kedua dengan lagu "Ruby, Don't Take Your Love to Town".

Saat The First Edittion mulai goyah ditahun 1974, Kenny yang pernah kuliah di Universitas Texas namum drop out ini memutuskan untuk bersolo karir sebagai penyanyi country dibawah label United Artis. Dibantu prosuduser Larry Butler, Kenney Rogers merilis singel pertama "Love Lifted Me" di awal tahun 1976 namun tidak mencatat sukses.

Baru diawal tahun 1977 singelnya "Lucille" akhirnya berhasil mencapai sukses menempati posisi pertama tangga lagu musik country. Tidak hanya menjadi hits di tangga lagu country dan mendapat penghargaan "Singgel Of The Year" dari asosiasi musik coutry. Single kedua Kenny Rogers ini juga menembus peringkat ke empat tangga lagu pop.

Dalam kurun waktu tahun 1978 - 1980 lagu-lagu Kenny Rogers merajai belantika musik cauntry, ini dibuktikan dengan 6 singgle Kenny Rogers menjadi Hits s, yaitu "Love Or Something Like It", "The Gambler", "She Believes in Me", "You Decorated My Life", "Coward Of The County".

Yang menakjubkan, kebanyakan dari lagu-lagu diatas juga menembus top ten tanggal lagu pop AS. Sama seperti sukses pada single-singel-nya, album Kenny Roger juga mencatatkan sukses tersendiri, album yang ia rilis antara tahu 1976 "Kenny Rogers" hingga "Once Upon The Time" ditahun 1984, meraih platinum.

Selain solo hits, beberapa lagu duet Kenny Roger dengan Dottie West juga masuk top ten baik pop maupun country, antara lain "Every Time Two Fools Collide" (1978), "All I Ever Need Is You" (1979) and "What Are We Doin' in Love" (1981).

Diawal tahun 80-an, dengan hits - hits-nya yang tidak hanya merajai tangga lagu country tapi juga pop membuat Kenny Rogers menjadi pujaan pecinta musik pop dan country. Singlenya "Lady" yang ia tulis bersama Lionel Richie membenarkan fakta itu dengan bertahan selama enam minggu ditangga lagu pop AS.

Kenny Roger juga mencetak hits dengan berduet bersama penyanyi pop yaitu Kim Carnes dan Sheena Easton. Duetnya dengan penyanyi country Dolly Parton di tahun 1983 "Island in the Stream" menempati peringkat satu baik tangga lagu pop maupun contry AS selama dua minggu.

Tahun-tahun berikutnya, Kenny Rogers mencetak 5 hits single lagu coutry yaitu, "Crazy" di thn 1984, "Real Love" dan "Morning Desire" ditahun 1985, "Tomb of the Unknown Love" ditahun 1986, serta "Make No Mistake, She's Mine" ditahun 1987.

Diakhir tahun 80-an dan 90-an Kenny Rogers menyibukan diri dalam kegiatan amal dan konser-konser serta mengurus jaringan restoran miliknya. Tahun 1998 Kenny Roger berhasil membuat perusahaan rekaman sendiri bernama Dreamcatcher.

No comments:

Post a Comment