Tuesday 30 June 2009

ABBA

Band Eropa Pertama Yang Meraih Sukses Dunia
Quartet asal Swedia ini merajai musik pop tahun 70-an hingga awal tahun 80-an. Perjalanan ABBA dikancah musik dunia diawali dengan hits singel pertama mereka “People Needs Love” yang dirilis tahun 1972.

Setahun kemudian, mereka merilis album perdana mereka yaitu “Ring-Ring”. Pada singel dan album perdana tersebut, quartet ini masih bernama “Björn, Benny, Agnetha & Anni-Frid” yang merupakan nama dari para personelnya sendiri. Atas inisiatif Stig Andersson, sang manager, band ini kemudian mempersingkat namanya menjadi ABBA yang merupakan akronim dari nama para personelnya.

Ditahun 1974, ABBA merilis single “Waterloo” yang menjadi No.1 hits single di tangga lagu Inggris, Jerman dan Australia. Namun singel ini hanya mencapai posisi ke 6 di Billboard 100. Band yang hingga kini album dan singelnya telah lebih dari 400 juta copy ini, merilis album ketiga mereka di tahun 1975, bertajuk “ABBA”. Pada album yang dikalangan fans ABBA dikenal dengan nama “The Limo[usine] Album” ini, popularitas ABBA makin mendunia.
Album ini menelurkan dua hits melegenda antara lain; "I Do, I Do, I Do, I Do, I Do" yang menjadi no. 1 hits di Australia dan "Mamma Mia" atau "SOS" yang menjadi UK No.1 hits, namun hanya mencapai peringkat 32 US Billboard hot 100. Ditahun yang sama, ABBA juga merilis album Great Hits mereka.

Tahun 1976 merupakan tahun besejarah bagi ABBA. Ditahun itu, ABBA merilis non single album pertama mereka "Fernando" yang menjadi singel terlaris band ini. Single yang aslinya merupakan lagu dari solo album personel ABBA, Anni-Frid ini menjadi no.1 hits di 13 negara. Namun di tangga lagu AS, Singel ini hanya menempati posisi 13 US Billboard 100. Ditahun sama, ABBA merilis album keempat mereka “Arrival” yang membuahkan 3 lagu masiv hits band ini yaitu; "Dancing Queen", "Money, Money, Money" & "Knowing Me, Knowing You". Singel “Dancing Queen” sendiri menjadi singel pertama ABBA yang menjadi no.1 hits di US Billboard 100.

ABBA menutup tahun Tahun 70-an dengan dua album, yaitu “ABBA (Album)” ditahun 1977 dan “Voulez-Vous”. Voulez-Vous yang dirilis tahun 1979 ini membuahkan hits antara lain “I Have A Dream” dan "Chiquitita". Namun ditahun ini pula petaka mulai merambah quartet ini. Dua personelnya, Agnetha dan Bjorn yang telah menikah sejak 1971, akhirnya bercerai.

Awal tahun 1980-an merupakan akhir dari perjalanan ABBA. Pada November 1980, ABBA merilis album ke 7 mereka “Super Trooper” yang membuahkan hits "The Winner Takes It All"dan ”Super Troper”. Namun setelahun kemudian dua personel ABBA lainnya Benny dan Anni-Frid yang baru tiga tahun menikah juga resmi bercerai. Sebulan setelah perceraian keduanya ABBA merekam album terakhir mereka “The Visitor” yang meski membuahkan hits seperti; “One Of Us”, namun tidak sesukses album-album ABBA sebelumnya.

Meski telah bubar, musik ABBA tetap dihati fansnya. Album kompilasi “ABBA Gold” yang dirilis tahun 1992 mencetak 26 juta copy hingga saat ini. Tidak hanya itu, di tahun 2008 lalu ABBA mania kembali melanda dunia seiring dengan suksesnya film musikal “Mama Mia” yang digarap berdasarkan lagu-lagu hits ABBA. Album soundstrack film ini pun laris dipasaran dan berhasil menjadi Bilboard 200 No.1 hits album.

No comments:

Post a Comment