Saturday 7 November 2009

Sketsa SIlat Tradisi

http://pencaksilat.files.wordpress.com/2009/08/logo-fp2stik.jpgDefinisi silat tradisional memang beragam, tapi aslinya semua aliran silat termasuk dalam kategori tradisional seperti apa yang dikatakan oleh IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia), akhirnya yang membedakan adalah bentuknya saja seperti Organisasi yang masih keluarga, dan sifatnya lebih internal belum terjamah komersialisasi.

Perkembangan silat baik tradisional maupun yang sudah menengah sampai modern pada prinsipnya harus sama-sama maju. Umumnya silat modern atau yang memiliki organisasi maju juga mengadopsi aliran silat tradisional.

Tapi ada juga silat yang awalnya tradisional setelah mendapatkan dukungan organisasi dapat berkembang dengan pesat dan akhirnya membuka diri kemasyarakat luar.

Memang perlu diakui bahwa silat tradisional umumnya terkesan tertutup, tapi jangan salah sangka kalau perkiraan kita itu ternyata salah, hal ini dibuktikan saat kami berkunjung ke salah satu daerah terciptanya aliran silat yang kita kenal saat ini, dalam acara wisata silat 2007 yang diselanggarakan oleh Komunitas sahabat silat http://www.sahabatsilat.com

Cianjur, itulan nama daerah di nusantara yang letaknya masuk Propinsi Jawa Barat, disana peserta wisata silat diterima oleh Bupati Cianjur dan umumnya masyarakat silat ( Maenpo Cianjur) aliran terkemuka disana antara lain, Cikalong, Sahbandar dan Cikaret, dan masih ada beberapa aliran lain dari turunan silat tersebut.

Kesimpulannya setiap aliran punya cirri khas yang unik, tidak ada yang ditutupi bahkan peserta dapat merasakan kekuatan silat tradisional ini, yang uniknya lagi setiap aliran punya silsilah sejarah yang jelas, dari nama hingga lokasinya tercatat dengan rapih.

Hasil wisata silat ini bisa dibaca di situs silatindonesia yang ditulis oleh nagapasa, Ian Syamsudin dan Amal Ihsan, reportase secara Visual juga telah di tayangkan di TransTV dalan acara Jelang siang pada t anggal 20 Mei 2007 dan dikoran tempo pada tanggal yang sama.

Liputan :

http://silatindonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=1&artid=203
http://silatindonesia.com/mod.php?mod=info&op=viewdisk&did=32
http://silatindonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=9&artid=201

Situs lainnya :

www.wikimu.com
www.sahabatsilat.com
www.sahabatsilat.org
www.silatindonesia.com
http://silatsilat.multiply.com/
http://nagapasa.multiply.com/
http://silatbogor.multiply.com/

Dan bagi yang belum sempat baca silahakan lihat link berikut baik berita dan foto2 kegiatan. Harapan dan doa kita bersama, apa yang telah dilakukan oleh sesepuh maenpo cianjur walupun beda aliran silatnya mereka tetap bersama-sama mengembangkan silat tradisional mereka, dan kita sebagai generasi muda harus dapat berpartisipasi dalam mengembangkan budaya dalam bentuk olahraga beladiri dan seni ini kepada masyarakat Indonesia, dan sepertinya sudah tidak jamannya lagi pesilat berbangga diri dengan perguruannya semata tapi mari bersama-sama menjalin silaturahmi, terbuka untuk pencak silat Indonesia.

YK-FP2TS
Sahabat Silat members




No comments:

Post a Comment