Friday 20 November 2009

George Michael



Careless Whisper

Mendengar refrain solo saxophone ini anda pasti ingat judul best slow hits yang satu ini, ya.. Careless Whisper yang dinyanyikan penyanyi asal Inggris, George Michael”.



George Michael membuat lagu ini jauh sebelum grup duonya Wham terbentuk. Uniknya, Michael mengaku tune lagu itu muncul dikepalanya saat bekerja sebagai penjaga pintu biskop di London. Tune refrain Careless Whisper kemudian ia muculkan kembali dengan menggunakan saxophone di dalam bus yang ia tumpangi dalam perjalanan pulang kerumah.

Sebenarnya, lirik lagu Careless Wispher aslinya bukan seperti yang ada saat ini. George Michael sendiri mengaku ia sendiri telah menuliskan liriknya, namun menolak menyebutkan dengan alasan liriknya terlalu jelek!!!. Lirik Careless Whispher kemudian ia tulis bersama rekan duo nya di Wham yaitu Andrew Ridgeley tiga tahun sebelum lagu ini dirilis.



Penggarapan Careless Whisper juga terbilang singkat, hanya dua kali. Pertama bersama produser Jerry Walker di Venerable Muscle Shoals Studio. Namun Penyanyi kelahiran East Finchley, London utara ini merasa kurang puas dengan hasilnya. Kemudian Michael memutuskan untuk merekamnya kembali tanpa produser. Walhasil versi inilah yang yang kemudian dirilis.



Setelah dirilis dibawah label Epic Records pada Agustus 1984, single Careless Wisper langung menembus peringkat 12 tangga lagu Inggris. Kurang dari dua minggu kemudian lagu ini langsung menjadi no.1 di UK singgel chart dan bertahan hingga 9 minggu. Singel ini kemudian menjadi no.1 hits di 17 negara termasuk US Billboard Hot 100 pada Februari 1985. Sementara di AS singel ini dikenal dengan “Wham! featuring George Michael”. Singel ini juga tercatat sebagai salah satu dari lima best selling singel di Inggris di tahun 1984.



Satu yang menonjol dari lagu ini adalah solo saxophone yang dimainkan oleh Steve Gregory. Lantaran itu pulalah, pribadi George Michael yang seorang gay ternyata melekat dalam lagu ini. Di Ekuador, refrain saxophone Careless Whisper sering dianalogikan kepada kaum gay. Lagu ini sendiri dipercaya banyak pihak ditulis Michael bukan berdasarkan pengalaman pribadinya tapi hanya fiksi.



No comments:

Post a Comment