Friday 20 November 2009

Scorpions



Wind Of Changes

"Wind Of Change" merupakan power balad milik rock band asal Jerman “Scorpions”. Sebuah lagu yang merekam perjalanan sebuah bangsa bahkan perubahan dunia….



Lirik lagu bertemakan perubahan ini ditulis oleh vokalis, Klaus Mine. Tepatnya, di tahun 1989 saat konser kedua Scorpions di kota Moscow yang kala itu masih menjadi ibu kota Negara Uni Soviet.



Dalam sebuah wawancara , Klaus Meine menceritakan apa yang menjadi inspirasinya menulis lirik lagu ini. Menurutnya, suasana konser bertajuk “Moscow Music Peace Festival” itulah yang membuatnya terinspirasi.



"Mereka semua berada dalam satu tempat dan berbicara dalam satu bahasa yang sama yaitu “Perdamaian dunia”, katanya.



Sebagai catatan, konser itu memang dipadati ribuan fans Scorpions di Rusia, selain itu juga tampil para musisi AS dan Rusia, juga tak ketinggalan tentara rusia yang terkenal “The Red Army” (tentara merah) turut serta memadati konser.



lirik lagu "Wind Of Change" sendiri mencerminkan perubahan politik yang terjadi di eropa timur saat itu. Antara lain, peristiwa – peristiwa seperti perundingan meja bundar di Polandia, kehancuran tembok Berlin dan meningkatnya keinginan akan kebebasan di blok komunis yang pada akhirnya berujung pecahnya Uni Soviet serta berakhirnya era perang dingin.



Scorpion pertama kali merilis “Wind Of Changes” dalam bentuk single ditahun 1989, Lagu ini juga terdapat dalam album “Crazy World” yang dirilis tahun berikutnya.



Setahun kemudian, "Wind Of Changes" berhasil menjadi “no1 hits” di Jerman, no. 2 di tangga lagu Inggris, dan no. 4 di tangga lagu AS. Di Jerman sendiri, singel ini tercatat sebagai best selling song sepajang masa dengan angka penjualan mencapai 6 juta copy.



Bagi masyarakat Jerman sendiri “Wind Of Changes” menjadi bagian dari sejarah bangsa Jerman. Yaitu, sebagai lagu yang menandai penyatuan kembali dua Jerman (barat dan timur) yang terpisah sejak berakhirnya perang dunia ke II.





No comments:

Post a Comment