Friday 20 November 2009

Journey



Open Arms

Anda tentu kenal dengan best slow hits yang satu ini… “Open Arms” lagu power ballads milik rock band asal San Fransisco, California, AS, Journey. Open Arms dirilis bulan Januari 1982 sebagai single ke tiga dari album ke delapan Journey, Escape. Open Arms berhasil mencapai posisi runner up tangga lagu AS.

Open Arms ditulis oleh dua personel Journey, Steve Perry dan Jonathan Cain. Lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang berusaha keras merajut kembali hubungan mereka yang hancur dengan “tangan terbuka”. Menariknya, proses pembuatan lagunya juga penuh usaha keras.

Open Arms ditulis Jonathan Cain saat masih bergabung dengan The Babys, namun vokalis The Babys, John Waite menolaknya, bahkan menyebutnya sebagai “sampah sentimentil”. Cain akhirnya merampungkan lagu ini bersama Steve Perry setelah bergabung bersama Journey, namun hampir saja gagal masuk dalam album Eacape.

Penyebabnya adalah, Gitaris Journey, Neal Schon ternyata tidak menyukai lagu ini. Drummer Steve Smith mengingat, saat itu Neal menilai Open Arms terdengar seperti lagu pada film musical “Marry Poppin”. Tidak hanya itu sebagian anggota band lainnya juga menolak memainkan lagu ballad untuk album Escape.

Setelah melalui serangkaian diskusi dan perdebatan, akhirnya semua personel Journey sepakat untuk memainkannya. Hanya saja, kali ini kendala ada pada kondisi kesehatan Jonathan Chain. Saat merekam track piano lagu ini ia tengah flu berat, meski demikian ia tetap merekam lagu ini. Saat proses rekaman, Chain bahkan berniat mengganti track piano Oper Arms yang khas itu, tapi personel band lainnya tidak setuju dan tetap menggunakan versi awalnya.

Sebelum dirilis seabagai singel, Open Arms sempat dijadikan soundtrack film animasi Canadian film Heavy Metal yang dirilis pada Agustus 1981. Journey sendiri merilis lagu Open Arms sebagai single ketiga mereka pada Januari 1982. Selain mencapai posisi no.2 di Billboard Hot 100, dan betahan selama enam minggu, Open Arms juga masuk top ten hit Billboard's Adult Contemporary chart. Open Arms hanya saja gagal di tangga lagu Mainstream Rock.

Oper Arms hingga kini tetap dikenang sebagai salah satu power ballads terbaik. VH1 menempatkan lagu ini di nomor 1 pada 25 daftar power ballads terbaik mereka.



No comments:

Post a Comment