Tuesday 24 November 2009

Salju Kilimanjaro Bakal Hilang Tahun 2022

 Salju di puncak gunung Kilimanjaro diprediksi bakal menghilang pada tahun 2022. Salju di puncak gunung yang juga pernah diangkat menjadi cerita pendek oleh Ernest Hemingway semakin lama kian menyusut. Menurut Glaciologis Ohio State University, Amerika Serikat, Lonnie Thompson sejak 12.000 tahun terakhir...

Kondisi es di wilayah Afrika terus memburuk, dan pada tahun 2022 atau paling lama tahun 2033 es-es tersebut, takkan dapat dijumpai lagi. "Volume es di Kilimanjaro telah berkurang 85 persen," kata Thompson.

Kilimanjaro atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze berada di timur laut Tanzania. Gunung tersebut memiliki ketinggian lebih dari 4.600m bila diukur dari kaki gunung. Sedangkan Puncak Kilimanjaro diklaim sebagai puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut.

Kilimanjaro tergolong ke dalam gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo.

Studi yang dilakukan para ahli glacios itu, mempelajari seluruh faktor yang mempengaruhi volume salju termasuk aktivitas manusia dan perubahan iklim.



sumber

1 comment: