Monday 2 November 2009

Si Kodok ,KURA KURA DAN KELINCI

Saat itu bapak nggak terlalu mempermasalahkan ketika mendapati nilai raporku kurang memuaskan.Mungkin yang difikirannya ,adalah mau gimana lagi? Apa mau dipaksakan?.Tapi sebenarnya yang membuat Beliau marah bukan kepalang saat itu adalah ketika beliau harus dipanggil beberapa kali oleh wali kelas ,lantaran anaknya sudah tidak masuk sekolah beberapa hari ini .
Garis bawah yang paling saya ingat adalah karena ayah saya pernah bercerita tentang dongeng klasik kura kura dan kelinci .Dia dulu bilang:ada anak anak yang merupakan pembelajar yang lebih cepat daripada kamu.Tetapi itu tidak berarti mereka mengalahkan kamu . Jika kamu belajar dengan langkahmu sendiri dan terus belajar,kamu akan melewati orang orang yang belajar dengan cepat tetapi kemudian berhenti belajar.Beliau juga mengatakan “ hanya karena seorang anak mempunya ranking yang bagus di sekolah tidak berarti bahwa anak itu akan berhasil baik dalam hidupnya kelak.Ingatlah pendidikan sejatimu mulai begitu kamu meninggalkan bangku sekolah,”itulah cara bapak mendorong anak anaknya untuk menjadi pembelajar seumur hidup.
Tapi bukan itu yang membuatku sering bolos sekolah ,mungkin aku saja yang salah mengartikan apa yang pernah beliau sampaikan saat itu.
Dan itu memang benar, HEri yang jago akuntansi di SLTA dulu,sekarang jadi apa? Bukan memandang sebelah mata apa karirnya ?tapi heri sempat bercerita mengenai jalan hidupnya yang jauh dari apa yang pernah kami cita citakan bersama saat di bangku SLTA dulu.kemudia begitu juga hendro ?si jago matematika.dan masih banyak contoh yang lain.Smoga ini menginspirasi semua .bahwa pelajaran sejati ada di luar sana ,walaupun tidak mengkesampingkan pendidikan akademik.
Tampak jelas bagi saya bahwa hidup adalah pengalaman belajar seumur hidup. Sama seperti kura kura berbaring santai dan kemudian tertidur.Banyak orang akan terbaring santai dan tertidur setelah meninggalkan bangku sekolah.Dalam dunia sekarang yang berubah sangat cepat,jenis perilaku itu bisa menjadi mahal.Bisa jadi bila SObat Kodok NGerock menghadiri reuni teman teman SMU,sobat seringkali dapat mengenali kelinci kelinci yang tertidur di pinggir jalan.Kerap kali mereka adalah murid murid yang dulu dianggap “paling Mungkin Berhasil”…tetapi mereka tidak berhasil.Mereka lupa bahwa pendidikan hidup terus berlangsung lama setalah sekolah usai.

No comments:

Post a Comment