Tuesday 29 September 2009

Smokey Robinson

Ikon Musik AS
Penyanyi legendaris yang satu ini merupakan salah satu ikon musik Amerika Serikat. Ya.. dialah "Smokey Robinson" sang penyanyi, pencipta lagu dan produser yang handal. Antara tahun 1961 s/d 1988, Robinson telah mencetak 37 top 40 hits untuk Motown Records, baik sebagai anggota grup vokal "The Miracle" mapun sebagai solo artis. Robinson juga menulis lagu dan memproduksinya untuk artis Motown Records lainnya seperti The Temptations' dan he Four Tops.

Robinson yang lahir di Detroit, Michigan, AS pada 19 Februari 1940 ini memulai karirnya bersama grup vokal "The Miracles" di awal tahun 60an. Dibawah label "Motown Records", perusahaan rekaman yang ia bangun bersama penulis lagu Barry Gordy, "The Miracles" berhasil mencapai sukses hingga akhinya Robinson memilih bersolokarir di tahun1973.

Ditahun yang sama Robinson merilis perdananya "Smokey", yang menghasilkan hits "Sweet Harmony". Llagu ini sendiri dipersembahkan untuk mantan grupnya "The Miracles", namun sayang, album keduanya "Pure Smokey" tidak begitu sukses.
Well, penyayi bernama asli "William Robinson, Jr. ini kembali mencetak hits pada album ketiganya "A Quite Strom". Lagu "Baby That's Backatcha" berhasil mencapai posisi 7 Billboard Hot 100, sekaligus semakin mematapkan reputasi Robinson sebagai master dalam penulisan lagu dan produser.

Namun, 5 album Robinson berikutnya tidak begitu sukses dan baru kembali bisa mencetak hits pada album "Where There's Smoke" di tahun 1979. Album ini menghasilkan hits "Cruisin", yang berhasil masuk posisi 4 Billboard Hot 100. Tahun 1981, singelnya "Beeing With You" berhasil menjadi hits dan mencapai posisi 2 di Billboard Hot 100. Lagu dari album dengan nama yang sama ini juga menjadi No.1 di Inggris.

Hits lainnya yang dicetak Robinson yaitu "Tell Me Tomorrow" dan "Old Fashioned Love" dari album "Yes It's You Lady" di tahun 1982. Dua album berikutnya " Touch The Sky " di tahun 1983 dan "Essar" ditahun 1984 gagal dan menjadi titik terendah sepanjang karirnya.

Dipertengahan tahun 1980-an ini pula Robinson menderita kekecanduan Heroin yang membuat karirnya madeg. Tidak itu saja, kehidupan rumah tangganya dengan Claudette hancur. Untungnya ia berhasil sembuh dengan cepat dan kembali merajut karir musiknya.

Tahun 1987 Robinson merilis album "One Heartbeat" yang menghasilkan hits "Just to See Her" and "One Heartbeat". Album ini juga memberinya Grammy Award untuk lagu "Just To See Her", dan di tahun 1987 atas prestasinya didunia musik, namanya masuk "Rock & Roll Hall Of Fame".

Tahun 90-an Robinson merilis 3 album, "Love, Smokey" yang merupakan album terakhirnya untuk Motown Records di tahun 1990, kemudian "Double Good Everything" di tahun 1991 dan "Intimate" di tahun 1999. Ditahun yang sama Robinson menerma penghargaan "The Grammy Lifetime Achievement Award". Terakhir Smokey Robinson merilis album "Timeless Love" di tahun 2006.


No comments:

Post a Comment