Wednesday 16 September 2009

Queen

Rock Band Fenomenal

Rock band asal Inggris ini dibentuk tahun 1970 oleh Freddie Mercury, Brian May, John Deacon and Roger Taylor. Adalah sang vokalis, Farrokh Bulsara, alias Freddie Mercury yang mengusulkan nama rock band yang fenomenal ini menjadi Queen.

Setahun setelah terbentuk, Queen di kontrak Elektra Records merilis album perdana mereka “Queen” di tahun 1973. Album ini hanya menghasilkan minor hits “Keep Your Self Alive”. Sukses baru mereka raih setelah album kedua mereka “Queen II” dirilis tahun yang sama. Album ini membuahkan hits klasik mereka al; "Seven Seas of Rhye".

Tahun 1974 Queen merilis single “Killer Queen” yang berhasil mencapai posisi 2 tangga lagu Inggris. Lagu yang juga terdapat dalam album “Sheer Heart Attack” ini menjadi single pertama Queen yang sukses di Amerika Serikat. Setelah tur yang sukses di AS, Tahun 1975, Queen merilis album fenomenal mereka “A Night at the Opera”.

Album yang menampilkan berbagai aliran musik dan berexperimen dengan stereo sound ini menghasilkan hits al; "You're My Best Friend", "Love of My Life", "Bohemian Rhapsody" dan "God Save the Queen". Tahun berikutnya Queen merilis album no.1 album, “A Day at the Races” yang melahirkan hits "Somebody to Love", "Good Old-Fashioned Lover Boy", dan "Tie Your Mother Down".

Queen memang band fenomenal.. tahun berikutnya mereka merilis album “News of the World” yang melahirkan hits "We Will Rock You" and "We Are the Champions". Dua lagu yang berhasil mencapai posisi 4 tangga lagu AS ini kini menjadi lagu thema di ajang olahraga. Tahun 1978, Queen merilis album “Jazz“ yang sukses melahirkan hits seperti ; “Fat Bottomed Girls", "Jealousy" dan "Bicycle Race".

Well lite audience… Queen menyapa awal tahun 80 an dengan merilis single "Crazy Little Thing Called Love" and "Another One Bites the Dust". Dua single yang juga terdapat dalam album “The Game” yang dirilis ditahun 1980 ini meraih posisi No.1 di AS. Tahun 1981 Queen berkolaborasi dengan David Bowie merilis single “Under Presure” yang menjadi no.1 di tangga lagu Inggris. Sukses ini di susul dengan dirilisnya album "Hot Space" di tahun 1987.

Tahun 1984 Queen merilis album “The Works” yang menghasilkan hits al; "Radio Ga Ga", "It's a Hard Life" dan "I Want to Break Free”. Setelah tampil di Konser Live Aid, Queen merilis single “One Vision” dilanjutkan dengan dirilisnya album “A Kind Of Magic” di tahun 1986 yang sukses dengan hits al; "A Kind of Magic", "Friends Will Be Friends",dan "Who Wants to Live Forever".

Dua tahun kemudian Queen merilis “The Miracle di thaun 1989 yang sukses dengan hits "I Want It All", dan "Breakthru". Tahun 1988 publik mulai mengetahui jika Fredy Mercury sakit keras lantaran AIDS, meski demikian Queen tetap membuat album "The Miracle" dan "Innuendo" yang direkam tahun 1990 namun baru dirilis tahun 1991 lantaran kesehatan Freddy yang memburuk.

Di tahun yang sama tepatnya, 23 November 1991 Freddy Mercury secara terbuka menyatakan dirinya menderita AIDS. Kurangg dari 12 jam setelah statement itu dirilis, Freddy Mercury meninggal dunia. Meski ditinggal sang vokalis, Queen tetap berjalan dengan merilis album "Made in Heaven", yang diambil dari sesi rekaman terakhir Freddy Mercury.
Sepeninggalan Freddy Mercury dan pensiunnya Basis John Decon, dua personel Queen, Brian May dan Roger Taylor tetap eksis mewakili nama besar band ini.




No comments:

Post a Comment