Wednesday 16 September 2009

Andre Hehanusa

Penyanyi Yang Jadi Bos Perusahaan Rekaman
Nama Andre Hehanusa sudah tidak asing lagi di dunia musik Indonesia. Pria berdarah Ambon yang lahir di Ujung Pandang, pada 24 Juli 1964 ini memang memiliki bakat musik alami sejak kecil.

Artis bernama lengkap Andre Ronald Benito Hehanussa ini besar dan menetap lama di kota Bandung. Di kota kembang ini pulalah anak pertama dari 4 bersaudara ini memulai karirnya musiknya bersama Katara Singer di tahun 1987.

Meski memiliki kans untuk menjadi group besar, Katara Singer hanya menelurkan satu album bertajuk “Ternyata” di tahun 1989 yang membuahkan hits antara lain ; “Masa Bodo”, “Ternyata” dan ”Desah”.

Setalah Katara Singer vakum, Adre Hehanusa memutuskan untuk bersolo karir di tahun 1992. Keputusan bersolo karir ini ternyata tepat. Album perdana Andre “Bidadari” yang dirilis tahun 1995, meledak di pasaran. Album ini menghasilkan 3 hits “Bidadari”, “Kuta Bali” dan “Karena Kutahu Engkau Begitu”. Hingga kini, ketiga lagu tersebut masih mendapat airplay tersendiri di radio-radio di tanah air. Sementara albumnya sendiri tercatat sebagai album tersukses Adre sepanjang karirnya hingga kini.

Well …. Di era ini pula, nama Andre menjelma menjadi ikon musik Indonesia. Sukses album perdananya ini memberinya gelar musik bergengsi tanah air pada ajang BASF Award ke XI di tahun 1996. Andre menyabet 3 gelar untuk kategori “Pendatang Baru Terbaik", "Musik Rhtym & Blues" Terbaik dan Signel platinum “Bidadari”. Di tahun yang sama Andre juga mencatatkan diri sebagai R&B Best Male Artist pilihan Anugerah Musik Indonesia.

Suami dari Cut Rizky Teo ini melanjutkan sukses Album perdananya dengan merilis album kedua bertajuk “Kedua” di tahun 1997 yang meski menghasilkan dua hits “Melayang” dan “Terlalu”, album ini tidak sesukses album perdananya. Ditahun yang sama, Andre Hehanusa kembali mencetak hits lewat lagu “Dimana Ada” dari album kolaborasi 70 penyanyi dan musisi berjudul “Forum”.

Bukan Andre Hehanusa namanya jika tidak membuat trobosan baru, tahun 1998 Ia berduet dengan Julio Iglesias dalam lagu “To All The Girls I've Loved Before”. Andre juga sempat bermain dalam sebuah sinetron.

Kini Andre telah berhasil mewujudkan cita-citanya memiliki perusahaan rekaman sendiri yaitu 247 Record Company yang telah merilis album “Indra Project”, “Prazz”, dan “247 Global Ministry”. Sebelumya, Andre juga terlibat dalam project album; bertema lingkungan hidup, “Terumbu Karang dan Lovely Raja Ampat”.

Tapi, walaupun telah memiliki perusahaan rekaman, Andre memilih membuat album buat para artisnya terlebih dulu, albumnya sendiri “Living In The Harmony” masih dalam proses persiapan dan rencananya akan di rilis setelah lebaran nanti.

Yang menarik dan patut ditiru dari sosok artis yang satu ini yaitu, sebagai artis Andre Hehanusa relative tidak pernah mendapat pemberitaan buruk. Sosoknya lebih dikenal sebagai seorang yang religius dan Kristen yang taat. Ayah dari Putra Pertama Hehanusa dan Eugenio Benito Hehanusa ini ini juga telah merilis album rohani Kristen.


No comments:

Post a Comment