Wednesday 16 September 2009

Luther Vandross

Artis Langganan Grammy Award
Penyanyi kelahiran Manhattan, New York, pada 20 April 1951 ini memulai karirnya sebagai backing vocal dan session mussion. Vandros juga sempat bergabung dalam sebuah grup vocal di tahun 1976.

Nama Vandross mulai dikenal public musik AS setelah menjadi vokalis grup vocal “Change” di tahun 1980. Setelah itu, barulah di tahun 1981, Luther Vandross berhasil merilis album perdananya yaitu “Never To Much”. Album yang mendapat sertifikasi double platinum ini menghasilkan hits “Never To Much” dan “A House Is Not A Home”. Selain itu, album ini juga memberi Vandross dua grammy award.

Album kedua dan ketiga penyanyi yang dropout dari kampus Western Michigan University ini juga sukses. “Foreever, For Always, For Love” di tahun 1982 menghasilkan hits “Since I lose My Baby”. Sedang “Busy Body” berhasil menjadi no.1 Album di Billboard Top R&B/Hip-Hop Album.

Tahun 1985, Vandross merilis album “The Night I Fell in Love” yang juga sukses dengan hits “Till My Baby Come Home” dan It’s Over Now”. Sementara album “Gave Me the Reson” yang dirlis Vandross di tahun berikutnya melahirkan hits “Stop To Love” dan Gave Me A Reason”, serta memenangkan penghargaan American Music Award.

Tahun 1988 Vandross merilis album “Any Love” yang masuk nominasi Best R&B Vocal Performance pada Grammy Award tahun 1989. Memasuki tahun 90-an Vandross merilis album ketujuh yaitu “Power Of Love”. Album ini meraih sukses besar dengan his “Don’t Wat To Be a Fool” dan ”Power Of Love” sekaligus memberinya dua penghargaan American Music Awards, dan satu Grammy Award.

Namun sayang album berikutnya “Never Let Me Go” tidak sesukses” dan malah album berikutnya “Never Let Me Go” di tahun 1993 ternyata lebih buruk dengan menjadi album pertamanya yang gagal masuk posisi no.1 di Billboard R&B/Hip-Hop Album.

Well… Luther Vandross kembali bersinar lewat album “Song” di tahun 1994 dengan hits duetnya bersama Mariah Carey, “Endless Love”. Vandross memang artis langganan Grammy, ia kembali meraih Grammy Award di tahun 1997 untuk lagu “Your Sacret Love” dari album dengan judul yang sama tahun 1996. Tahun berikutnya Vandross merilis album “I Know” yang kembali masuk nominasi Grammy Award.

Awal tahun 2001 Vandross merilis album self titled “Luter Vandross” dengan hits “Any Day Now” yang masuk niminasi grammy awards. Vandross kembali meraih Grammy dan American Music Award lewat album “Dance With My Father” yang dirilis tahun 2003. Album ini melhirkan hits “dance With My Father” dan "Buy Me A Rose”.

Setelah album ini kesehatan Vandross yang menderita penyakit diabetes memburuk. Vandross sempat serangan terkena stroke dan akhirnya meninggal dunia di John F. Kenedy Medical Center, New Jersey, pada 1 Juli 2005 lalu akibat serangan jantung.


No comments:

Post a Comment