Tuesday 29 September 2009

Garry Moore

Still Got The Blues (For You)

Best slow hits yang satu ini merupakan sebuah lagu bergenre blues rock dengan solo gitar yang sangat apik. Ya, Still Got The Blues karya gitaris asal Irlandia Utara, Garry Moore.

Well… penggarapan “Still Got The Blues” punya cerita tersendiri, khususnya gitar yang digunakan Moore, yaitu gitar Les Paul Standard keluaran tahun 1959, yang ia namai Lizzy.

Dalam sebuah wawancara Garry Moore menuturkan, ia menyimpan gitar kesayangannya itu sejak tahun 1980, karena tidak cocok digunakan untuk musik rock yang ia mainkan saat itu.

Sembilan tahun kemudian, tepatnya tahun 1989 Moore merasa seperti mendapat bisikan untuk kembali bermain blues, dan tahun berikutnya mulailah ia menggarap album blues yang diberinama Still Got The Blues.

Saat Moore mulai menggarap Still Got The Blues, barulah Lizzy ia bawa ke Studio. Awalnya gitar itu dibawa tapi bukan untuk dimainkan , hanya sekedar untuk cek sound dan ruangan. Namun, ketika Moore mulai mencoba menggarap lagu Still Got The Blues, ia menggunakan Lizzy, ternyata Still Got The Blues langsung selesai hanya dalam sekali take. Moore sendiri mengaku tidak percaya dan tidak akan pernah melupakan kejadian itu.

Well… Dirilis tahun tahun 1990, Still Got the Blues dirilis dalam album dengan titled yang sama dan berhasil mencapai posisi 97 di US album chart dan posisi 31 di Inggris.

Tahun 2008 lalu, Band asal Jerman "Jud's Gallery" menuding Garry More melakukan plagiat dalam lagu Still Got The Blues”. Mereka menganggap Solo gitar dalam Still Got The Blues menjiplak karya mereka yaitu pada lagu berjudul Nordrach yang dirilis tahun 1974. Garry Moore sendiri menyangkal tuduhan itu.


No comments:

Post a Comment