Wednesday 16 September 2009

Atlantic Star

R&B Supergroup
Band bermaterikan 9 personel ini dibentuk oleh tiga bersaudara Dave,Wayne dan Jonathan Lewis, di New York tahun 1976. Enam personel lainnya ditarik setelah band ini terbentuk. Mereka adalah Sharon Bryant, William Sudderth, Damon Rentie, Clifford Archer, Porter Carroll, Jr. dan Joseph Phillips.

Atlantic Star memulai perjalanan musik mereka setelah dirilisnya debut album mereka “Atlantic Star” di tahun 1978. Album yang dirilis dibawah label A&M ini tidak begitu sukses namun melahirkan hits "Stand Up".

Tahun berikutnya mereka merilis album “Straight to the Point”, yang nasibnya hampir sama dengan album pedananya. Nama Atlantic Star mulai melambung pada album ketiga mereka “Radiance”, yang dirilis tahun 1981.

“Radiance” menghasilkan hits single "When Love Calls" yang sekaligus menjadikan mereka super grup di genre R&B. Sukses ini dilanjutkan dengan dirilisnya album “Brilliance” ditahun 1982. Album ini menghasilkan dua hits "Love Me Down" and "Circles.". Album kelima Atlantic Star “Your Forever”, yang dirilis tahun 1985 juga menghasilkan hits single "Touch A Four Leaf Clover.".

Tahun 1985, lead vocal Sharon Bryant memutuskan keluar dari Atlantic Star. Posisinya digantikan Barbara Weathers. Ditahun yang sama Atlantic Star merilis album “As The Band Turns”. Album dengan lead vocal baru ini ternyata lebih sukses. Tercatat tiga R&B hits lahir dari album ini, yaitu; "Freak-A-Ristic,", "If Your Heart Isn't In It," and "Secret Lovers.".

Sukses ini dilanjutkan dengan merilis album Greathes Hits mereka "Secret Lovers...The Best of Atlantic Starr,". Bintang Atlantic Star makin bersinar setelah dirilisnya album “All in the Name of Love” di tahun 1987. Album ini tercatat sebagai album tersukses mereka dengan hits; "Always", "One Lover at a Time" and "Armed and Dangerous.".

Setelah album ini, Weathers keluar dari band untuk bersolo karir, posisinya digantikan Porscha Martin. Tahun 1989 Atlantic STar merilis album “We're Movin' Up” yang menghasilkan hits “ "My First Love" yang menjadi no.1 di Billboard Hot black singles.

Usai album ini giliran Martin keluar, dan posisinya digantikan Rachel Oliver. Tiga album Atlantic Star berikutnya Love Crazy di tahun 1991 dan “Time” di tahun 1994 serta Legacy ditahun 1999 terbilang gagal. Terakhir Atlantic Star merilis album The Best mereka di tahun 2001.


No comments:

Post a Comment