Wednesday 16 September 2009

Rick Astley


Bermula Dari Penyanyi Tape-of
Rick Astley merupakan penyanyi bervokal baritone yang menghentak dunia dengan lagu-lagu hitsnya di tahun 80 dan 90-an. Terlahir dengan nama Richard Paul Astley di Newton-Le-Willows, Inggris pada 6 Februari 1966.

Rick Astley memulai karirnya bersama band bernama "Give Way" dan “FBI”, namun karir musiknya baru dimulai saat ia menerima tawaran produser Pete Waterman untuk hijrah ke London, dan bekerja di studio rekaman PWL Records.

Tidak seperti penyanyi berbakat lainnya, Rick Astley justru memulai karir sebagai tape-op atau penyanyi yang bekerja menyanyikan lagu yang akan dinyanyikan penyanyi lain. Namun, konon Rick Astley malah lebih sering ditugasi membuat teh untuk tamu.

Setelah dua tahun bekerja di PWL Studio, Rick Astley mulai menggarap debut singlenya sendiri yaitu "Never Gonna Give You Up" pada Januari 1987. Singel yang kemudian dirilis pada Agustus 1987 ini langsung meledak dipasaran. "Never Gonna Give You Up" menjadi no.1 di tangga lagu Inggris dan US Singgel Chart”. Sukses single ini disusul Album perdana Astley, “Whenever You Need Somebody” yang melahirkan hits lainnya; "Together Forever", dan "When I Fall in Love".

Akhir tahun 1988, Astley merilis album keduanya “Hold Me In Your Arms” yang melahirkan 3 UK top ten hits single "She Wants To Dance With Me", "Take Me To Your Heart” dan “Hold Me In Your Arms”. Di penghujung tahun 80-an Rick Astley memilih berpisah dengan trio produser yang mengangkat namanya Stock, Aitken ,Waterman.

Di awal tahun 90-an, Rick Astley merilis remix album "Dance Mixes" yang dirilis hanya di Jepang untuk promo tournya. Tahun berikutnya Astley merilis album ketiganya “Free” yang menghasilkan top ten hits "Cry for Help". Dua single lainnya dari album ini "Move Right Out" and "Never Knew Love" gagal, sekaligus menandai mulai memudarnya kesuksesan Rick Astley.

Tahun 1993 Rick Astley kembali merilis album bertajuk ‘Body & Soul”. Di Inggris, album ini bahkan lebih buruk dari album sebelumnya. Selain jauh dari sukses, ‘Body & Soul” bahkan gagal masuk UK chart. Meski demikian, album ini cukup sukses di AS, dengan berhasil masuk posisi 182 Billboard 200, dan dua single dari album ini "The Ones You Love" and "Hopelessly", masuk posisi 19 dann 14 adult contemporary chart.

Setelah album ini Rick Astley seperti hilang dari hangar bingar dunia musik internasional. Baru setelah 10, tepatnya tahun 2002/ Rick Astley merilis album bertajuk "Keep It Turned On". Sayang, album ini juga tidak begitu sukses dan hanya melahirkan satu minor hits singel, “Sleeping”. Terakhir Rick Astley merilis album cover version bertajuk “Potrait”di tahun 2005.

No comments:

Post a Comment