Friday 14 August 2009

Memperingati Kelahiran Hans Christian Ørsted


Menurut logo gugel hari ini 14 Agustus 2009, adalah hari ulang tahunnya Hans Christian Ørsted. Siapa sih Hans Christian Ørsted itu?
Hans Christian Ørsted adalah seorang ahli fisika dan kimia asal Denmark, lahir pada tanggal 14 Agustus 1777 dan wafat pada 9 Maret 1851. Pada 1820 ia menemukan listrik dengan magnetisme dalam sebuah eksperimen yang sangat sederhana yaitu, kawat yang dialiri arus listrik dapat menolak magnet jarum kompas.

etapi Ørsted bukan lah yang pertama menemukan kaitan antara listrik sama medan magnet, 18 tahun sebelumnya pada tahun 1802 seorang cendikiawan asal Italia, Gian Domenico Romagnosi, catatannya telah di terbitkan di surat kabar Italia tapi tidak memperoleh perhatian.

Begitu pula dengan Ørsted, ia juga tidak menawarkan penjelasan yang memuaskan untuk fenomena ini dan tidak pula mencoba menghadirkan fenomena tersebut dalam kerangka matematis. akan tetapi di kemudian hari, kelak unit satuan magnetisme dinamakan menurut namanya, yaitu Ørsted.

selain itu, Ørsted juga memberikan sumbangan besar pada ilmu pengetahuan bidang kimia pada tahun 1825 dengan memproduksi alumunium pertama kalinya.

No comments:

Post a Comment