Friday 21 August 2009

George Duke

George Duke
Muisisi Yang Juga Akademisi
Musisi jazz yang satu ini terbilang serba bisa, sepanjang karirnya, George Duke dikenal sebagai pianis Jazz, penyanyi, penulis lagu, bahkan produser handal yang banyak mencetak hits.

Duke yang lahirkan di San Rafael, California pada 12 January 1946, memulai karirnya di tahun 60-an bersama musisi Jazz ternama seperti Al – Jerrau, Jean-Luc Ponty dan Frank Jappa. Salah satu albumnya, The Jean-Luc Ponty Experience with The George Duke Trio yang dirilis tahun 1969 hingga kini dianggap sebagai salah satu pioner “jazz fusion”.

George Duke baru memulai bersolo karir di tahun 1976, album perdananya Solo Keyboard Album tahun 1976 dan “From Me To You” tahun 1977, cukup sukses. Diilanjutkan dengan album “Reach For It” ditahun 1978 yang meraih sertifikasi gold sekaligus membawa Duke ke jenjang ketenaran. Sukses juga merambah ke album Duke berikutnya, “Brazillian Love Afair “ di tahun 1979.

Well ... Di akhir tahun 70-an ini pula George Duke cenderung berkarir sebagai produser, dan ternyata cukup sukses. Diawali dengan memproduseri Brazilian Instrumental Raoul de Souza dilanjutkan dengan memproduseri album vocal pertamannya bersama Dee Dee Bridgewater. Sebagai produser Duke tercatat bayak mencetak hits, termasuk no.1 Hits singel lewat lagu “Sukiyaki” dari band A Taste Of Honey.

Tahun 1981 George Duke bekerjasama dengan basis jazz Stanley Clark dalam album “The Clarke Duke Project“. Album ini menghasilkan No.1 Hits Singel “Sweet Baby”. Tahun 1982 Duke merilis album “Dream On” yang didalamnya terdapat hits "You". Dilanjutkan dengan album “Guardian Of The Light” – di tahun 1983 yang menghasilkan hits "Born To Love You". Setelah album Rendevouz di tahun 84, Duke baru kembali mecetak hits lewat album “George Duke” dengan hits “The Morning You & Love” di tahun 1986. Duke menutup tshun 80-an dengan album Night After Night – di tahun 1989.

Setelah rehat sejenak, Tahun 1992 Duke kembali mencetak hits lewat album Snapshot – di tahun 1992. Dalam Album ini terdapat hits “No Rhyme, No Reason".

George Duke merupakan musisi yang selain memiliki bakat alami, ia juga musisi dengan pendidikan tinggi. Duke meraih gelar Masters dalam hal komposisi musik dari San Francisco State University, bahkan ia sempat mengajar matakuliah Jazz And American Culture di Merritt Junior College, Oakland.

setelah album Snapshot, di tahun 90-an Duke merilis 4 album lagi, bahkan hingga saat ini musisi peraih yang tercatat sebagai "R&B Keyboardist Of The Year" tahun 1990 ini tetap eksis. Tahun 2000 sampai sekarang Duke telah merilis 5 album. Terakhir “10 Dukey Treats” yang dirilis tahun 2008 lalu.

No comments:

Post a Comment