Monday 13 July 2009

WET WET WET

Berangkat Dari Band Sekolah
Wet Wet Wet merupakan band asal Scotlandia yang populer ditahun 90-an. Wet Wet Wet dibentuk tahun 1982 oleh empat remaja yang satu sekolah di Clydebank High School, Scotlandia.
Band bermeterikan Marti Pellow, Tommy Cunningham, Graeme Clark dan Neil Mitchell ini awalnya bernama Vortex Motion. Nama Wet Wet Wet yang di ilhami lagu Scrittti Politi, "Gettin, Havin' and Holdin'" baru resmi mereka sandang tahun 1983.

Dua tahun kemudian Wet Wet Wet berhasil mengikat kontrak dengan PolyGram Records, hanya saja baru dua tahun kemudian mereka meraih sukses lewat debut single mereka "Wishing I Was Lucky", yang dirilis tahun 1987. Singel ini berhasil mencapai posisi 6 di tangga lagu Inggris. Album perdana mereka, “Popped In Souled Out” yang dirilis di tahun yang sama juga sukses melahirkan tiga hits single lainnya "Sweet Little Mystery", "Temptation", dan "Angel Eyes".

Di tahun 1988 Wet Wet Wet merilis album kedua “The Memphis Sessions” yang berhasil mencapai posisi tiga di chart UK, di tahun yang sama Wet Wet Wet berhasil mencetak no.1 hits single pertamanya lewat lagu cover version The Beatles “"With a Little Help from My Friends".

Tahun berikutnya, Wet Wet Wet merilis album ketiga “Holding Back The River” yang membuahkan hits single "Sweet Surrender". Memasuki tahun 90-an Wet Wet Wet merilis album keempat mereka "High on the Happy Side" yang membuahkan no.1 hits single kedua mereka "Goodnight Girl".

Setelah merilis album ke lima “Cloak & Dagger” di tahun 1992 yang tidak begitu sukses, Wet Wet Wet kembali mencetak no.1 hits di tahun 1994 lewat cover verson lagu milik The Troggs "Love Is All Around". Singel yang juga terdapat dalam album keenam mereka “Picture This” ini merupakan single tersukses Wet Wet Wet secara internasional. Di Inggris sendiri single ini berhasil bertahan lima belas minggu di posisi no1. Album “Picture This” juga menghasilkan hits “Julia Say”, “Don’t Want To Forgive Me Now”.

Tahun 1997, Wet Wet Wet merilis album ke 7 mereka “10”. Album yang menandai satu dekade karir musik Wet Wet Wet ini berhasil mencetak tiga hits single “"If I Never See You Again", "Strange" and "Yesterday, Maybe I'm in Love".

Seusai tour album 10, Wet Wet Wet mengalami perpecahan. Puncaknya drummer Tommy Cunningham memilih hengkang. Selain itu, vocalis Marty Pellow terpaksa keluar lantaran kecanduan heroin. Tahun 2004, ke empat pesonel Wet Wet Wet berusaha kembali bergabung, hasilnya mereka merilis single "All I Want" di tahun 2004.

Setelah selama 10 tahun vakum, Wet Wet Wet berhasil merilis album ke 8 mereka “Timeless’ tahun 2007 lalu. Album ini membuahkan top 10 hits di tangga lagu Inggris “Weightless” sekaligus menandai comeback mereka hingga saat ini.


No comments:

Post a Comment