Friday 19 September 2008

sejarah singkat


SHPSH-Slides2.jpg

Sejara Singkat

Aman untuk mengatakan bahwa kebanyakan perguruan SH yang sekarang aktif di Belanda, turun langsung atau tidak langsung dari baik Bapak Frits Vermaesen atau Bapak Cor Turpijn Hardjono.

Dikatakan bahwa Bpk Vermaesen dan Bpk Turpijn dulu bertemu di Bandung dan disana latihan bersama. Bpk Vermaesen dulu mantan tentara KNIL. Tahun2 semilanblas-limapuluhan baik Bpk Vermaesen atau Bpk Turpijn datang ke negeri Belanda dan menjadi terkenal sebagai guru Pencak Silat.

image011.jpgBpk Vermaessen

Bpk Vermaesen pada umumnya aktif di kota Amsterdam sebagai guru S.H. Di tengah tahun-tahun enampuluhan Bpk Vermaesen kasih lihat demonstrasi Pencak Silat SH dilalu TV-show sangat terkenal di waktu itu. Di luar Amsterdam Bpk Vermaesen hampir tidak aktif. Assistennya yang terutama ada tiga, yaitu Hugo Houtzagers, Jesse Cooman dan Johan Klop. Kemudian baik Johan Klop atau Jesse Cooman mulai perguruan S.H. sendiri di Amsterdam. Jesse Cooman guru Silat saya yang pertama (tahun 1978). Bapak Vermaesen wafat tahun 1992(?) dan dimakamkan di kota Amsterdam.

image006.jpg

Pak Jesse Cooman

image018.jpgBpk Turpijn

Bpk Turpijn aktif di seluruh negeri Belanda, dari Barat ke Selatan, dan di luar negeri Belanda juga, sampai Jerman, Perancis dan Belgia. Bpk Turpijn membaginya silat di atas tiga gaya berbeda, yaitu SH Organisasi, SH Madiun dan SH Teratai dan mengangkat kepala aliran untuk masing-masing gaya ini, yaitu berturut-turut Michiel Meijer, Victor Turpijn dan Michael Bright. Salah satu dari assistents yang lain, pak Ache van der Geugten yang mempelajari SH Teratai dari Bpk Turpijn, adalah guru kedua saya (dari tahun 1986). Akibatnya belajar SH Teratai dari pak Ache, dulu saya latihan di Amersfoort di atas nama “PSHT Amersfoort”. Bapak Turpijn wafat pada tanggal 31 juli 1996 dan dimakamkan di kota Den Haag.

image019.jpg

Pak Ache

Selain Bpk Vermaesen dan Bpk Turpijn pasti orang lain membawa Silat SH ke negeri Belanda, tetapi khususnya Bpk Vermaesen dan Bpk Turpijn Setia Hati menjadi terkenal dan dikenal di negeri Belanda.

Mencari sebenarnya dan asli SH saya akhirnya bertemu dengan Bapak Soewarno di Madiun tahun 2004 dan sesudah kecer saya belajar dari Bapak ajaran dan filsafat SH Winongo.



1 comment:

  1. Eh dinganjuk ketua sh nyalokne bupati,gak dadi kk malai gherakne ank buah,malah gae rusuh,iku yo iso dgae sjarah yo

    ReplyDelete